SISINGAMANGARAJA menurut cucunya (wawancara dengan Raja Napatar | Batak

Apa yang membuat Sisingamangaraja XII tertangkap?

Sebenarnya, menurut cerita bahwa Sisingamangaraja XII tertangkap karena ada tiga orang yang berhianat. Kalau dulu Pollung, Hutapaung terkenal sebagai pendukung Sisingamangaraja XII. Maka tidak pernah Belanda bisa berhasil tembus ke daerah ini. Lalu, di Samosir Ompu Babiat Situmorang, ia dengan pasukannya juga raja yang dengan teguh melawan Belanda. Kalau mereka bertemu Belanda, mereka bunuh. Kulitnya dijadikan tagading. Sampai sekarang masih ada di Harianboho.

baca SISINGAMANGARAJA menurut cucunya Raja Napatar.

4 Comments

  1. Posted November 17, 2009 at 4:27 am | Permalink

    itu sangat salah besar karena raja Sisingamangaraja XII terkena darah dari anak perempuannya yaitu Br.lopian. bila mana terkena darah anak perempuannya maka kesaktiannya akan hilang/musnah sehingga dengan mudah belanda menembaknya.

  2. arsian napitoepoeloe
    Posted Januari 16, 2010 at 4:12 pm | Permalink

    muh kurniawan,
    memang benar apa yang saya dengar
    sya pernah berkunjung ke Balige tempat asal ayah ku
    saya orang batak di malaysia

  3. David Janeiro Seares
    Posted April 16, 2010 at 2:29 pm | Permalink

    Saya sungguh terkesima dan tersentuh hati setelah membaca artikel di atas, makin bertambah pengetahuan saya tentang sejarah pahlawan nasional kita, Raja Sisingamangaraja XII. Mohon juga doa restu untuk menyukseskan acara kita nanti bersama Land Rover Club Medan, Napak Tilas Raja Sisingamangaraja XII, dalam memperingati 103 tahun wafatnya beliau. Acara akan dimulai tanggal 16- 20 juni 2010, dimana kita akan mengelilingi situs situs sejarah beliau. Mohion doa dan dukungannya. terima kasih

  4. WIBI KHAINANUSANTARA
    Posted Juni 9, 2010 at 2:03 am | Permalink

    saya pribadi bukan anak batak tapi kekaguman saya akan Raja besar SI SINGAMANGARAJA 12 dimulais ejak saya sd d bangka belitung. sejak itu saya berusaha untuk mendapatkan informasi sejarah tentang beliau. alhamdulilah keinginan tersebut terwujud d thn 2007 berziarah d makam beliau yang di apit dua makam buah hatinya tercinta. meskipun bukan anak batak saya sangat mencintai beliau


Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *
*
*