Asal mula Danau Toba versi ilmiah | Batak

Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2800km3, dengan 800km3 batuan ignimbrit dan 2000km3 abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari cina sampai ke afrika selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 KM diatas permukaan laut.

baca Asal mula Danau Toba versi ilmiah.

About these ads

  1. Posted Mei 26, 2009 at 7:01 pm | Permalink

    Apakah memang orang batak yg menemukan danau tersebut, maka di katakan DANAU TOBA, kenapa bukan danau batak, apa pengertian mauliate

  2. Posted November 17, 2009 at 4:21 am | Permalink

    memang danau tersebut terletak di perkampungan orang batak yaitu kampung marga simatupang, aritonang,dan siregar. tapi mereka tidak mau menamakan danau tersebut sesuai dengan marga mereka tapi mereka menamai dengan nama nenek moyang yang menurut legenda asal mula keturunan marga raja lotung dari samosir.

  3. Rajani Simatupng
    Posted Januari 20, 2010 at 1:56 pm | Permalink

    Menurut ompungku,disebut penyebutan nama danau toba itu artinya karena pada masa itu sangat banyak ikan di danau toba.Sehingga bagi orang2 tua dulu ketika dikatakan “lao(laho)martoba ” artinya mencari/mengambil ikan.

  4. Posted Februari 26, 2010 at 11:40 pm | Permalink

    mengapa dikatakan danau toba?

  5. orang bodoh
    Posted Maret 23, 2010 at 10:59 am | Permalink

    kalo nggak salah sih disebut danau toba karena gunung yang meletus itu namanya gunung toba..
    jadi danau hasil letusannya dinamakan danau toba

  6. Baringin Hutadjulu
    Posted Mei 5, 2010 at 2:40 pm | Permalink

    Asal mula Danau Toba versi ilmiah sebaiknya dicampur dengan ahli ahli
    orang batak agar jalan ceritanya tambah obyek.

  7. ayu
    Posted Agustus 4, 2010 at 2:25 pm | Permalink

    minggu lalu aku ke danau toba. dan ternyata benar danau toba itu sangat indah. karena merupakan letusan gunung berapi jadi di pinggiran danau ny saja sudah dalam. pokoknya danau toba is the best deh ..

  8. imel
    Posted Agustus 16, 2010 at 10:11 pm | Permalink

    perfect

  9. jubel panjaitan
    Posted Agustus 18, 2010 at 6:43 pm | Permalink

    menurut Dongeng yang pernah saya dengar, asal mula adanya danau toba karna dulu oppung kita si raja batak sedang memancing di sungai,dari pagi hingga sore tak satupun ikan yang ia dapat, saat dia hendak mau pulang tiba tiba umpannya ada makan, lalu dia angkat ke luar, ikan tersebut bicara padanya, katanya: pergilah kamu ke gunung itu dan jangan turun sebelum hujan dan petir berhenti, buatlah kemahmu di gunung itu, karna akan datang hujan yang sangat deras, dan petir yang sangat kencang, dan semua lembah ini akan di penuhi air, pergilah si batak itu ke gunung itu, dan berkemah disana selama 2 minggu lamanya, lalu keluarlah dia dari kemahnya dan melihat sekelilingnya kekiri dan ke kanan gunung yang dia diami itu sudah di kelilingi air. begitulah cerita pendeknya..
    SALAM…

  10. dickiaritonang
    Posted Agustus 23, 2010 at 4:20 am | Permalink

    danau toba bisa menggeser bali,asalkan infrastuktur lbh baik,kebersihanya,dan mencari sponsor ivent2 yg dpt memajukan danau toba&jg masyarakatnya yg disana….GBU All

  11. Roesdi_Q.Pas
    Posted September 1, 2010 at 6:08 pm | Permalink

    Karna danau toba tempat orang2 karo atau yg disebut juga dengan “Batak Karo” tp danau toba mmg indah,soalnya gue prg honeymoon ksna lho,

  12. @@@@@@@@boys
    Posted September 7, 2010 at 4:01 pm | Permalink

    mana sih yang betul antara lagaenda secara ilmiah dan cerita ? tapi aku yakin secara ilkmiah karena lebih modern

  13. @@@@@@@@boys
    Posted September 7, 2010 at 4:02 pm | Permalink

    mana sih yang betul antara lagaenda secara ilmiah dan cerita ? tapi aku yakin secara ilkmiah karena lebih modern@@@@@@@@@

  14. chintyas
    Posted November 9, 2010 at 5:22 pm | Permalink

    danau toba sumber kehidupan

  15. bonar sitorus
    Posted Desember 22, 2010 at 12:50 pm | Permalink

    menurutku danau toba itu adalah danau yang paling besar yang ada diindonesia.secara logika dan akal sehat manusia apakah ada sebuah danau yang ditengah ada pulau yang sering kita kenal dengan pulau samosir dan kemudian dipinggir pulau itu ada lagi sebuah danau. sulit dipercaya , tapi dindonesia ada dan itulah danau toba

  16. Posted Januari 24, 2011 at 3:11 pm | Permalink

    ah,yg penting indah,..

  17. MONICA SIAHAAN
    Posted Juni 11, 2011 at 2:36 pm | Permalink

    DANAU ITU MMG BEKAS LEDAKAN,TPI BUAT APA KTA MRIBUTI ITU?????????????????

    toh….itu sdah crta jaman dahulu kan?????

  18. Risda Sihombing
    Posted Juli 6, 2011 at 7:07 pm | Permalink

    weleeeh weleeehh….
    ko pda bnyak komentar,,
    yg jlas ny danau toba tu ciptaan Tuhan,,
    bkan krn yg laen…
    bt pa seh dributin?????
    pnsaran dng alam bleh sja tpi jng mndalam,brarti tu ma sja tdk prcya dng kuasa tuhan..gx da jwban ssempurna mmgkin yg qt proleh smpai saat ne ttg fenomena alam(danau toba),,,

  19. Posted Agustus 18, 2011 at 4:05 pm | Permalink

    makasih udah menambah wawasan

  20. Posted Januari 19, 2012 at 9:51 pm | Permalink

    yg pst memang ciptaan tuhan
    Versi legenda:tangisan seekor ikan mas
    Versi science:letupan gunung merapi
    Versi saya:Tempat Orang Batak Asli
    Saya bangga dgn danau toba….

  21. Posted November 5, 2012 at 2:43 am | Permalink

    Klu di bilang ledakan kok ada y? yg tinggal pulau di tengahnya danau toba seharusnya tak ada

  22. Posted Maret 16, 2014 at 9:28 am | Permalink

    Adakah hubungan antara letusan toba dgn hilangnya kerajaan ATLANTIS?


Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *
*
*

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: