Sejarah Batak berdasarkan tahun – bagian pertama | Batak

Permulaan Generasi Pertama Manusia

Tersebutlah dalam kitab-kitab suci bangsa Timur Tengah bahwa Adam, yang dianggap sebagai manusia pertama dan Nabi pertama, mulai mengembangkan generasinya bersama Siti Hawa, Nenek Moyang Manusia yang ditemukan kembali setelah didamparkan di daerah India dari Surga.

baca Sejarah Batak berdasarkan tahun – bagian pertama | Batak.

Iklan

15 Comments

  1. Joki Manalu
    Posted Juni 16, 2009 at 12:01 pm | Permalink

    Saya,sebagai pecinta budaya Batak,,,umur saya msh 21 tahun,kecintaan saya terhadap Batak sngat besar,krn dlm prgaulan anak muda,saya selalu membiasakan berbahasa batak,,,baik kpd org tua…anggo dang hami,ise be na mempertahanton budaya Batak on..godang akka naposo sonari,dang dibototarombona dohot bonapasogitna,,naeng huparsiajari do tulisan batak,,,asa boi dilestarihon aksara batak,,sebagai nilai bdaya batak.alai dang dapottu be Buku Pustaha Batak.naeng do baenokku komunitas Pemuda Pelestari Budaya Batak.alai godang kendala nahuhadapi.ise di hamu naholong naeng melestarihon Bangso taon.Marsihubungan ma hita,terutama diakka Naposo.Mauliate.Horas.

  2. vargo
    Posted September 1, 2009 at 5:09 pm | Permalink

    minta posting sejarah tentang Batak ya,, dari awal ya thanks

  3. anton tambun
    Posted September 16, 2009 at 6:19 am | Permalink

    tu lae Manalu,,beta ma ta baen na ni pinarsitta ni lae na naeng mambaen parsadaan ni.au pe setuju do tu lae..beta ma hita angka naposo i…molo dang hita,bah ise ma muse..

  4. Posted Desember 20, 2009 at 9:40 pm | Permalink

    Horas tu saluhut bangso Batak, sai Tuhan ta ma namangaromoti saluhut uju ni ngolunta.

  5. syahrial
    Posted Januari 20, 2010 at 7:20 pm | Permalink

    Batak terdiri dari 5 sub: toba, karo, simalungun, mandailing, pakpak, yang punya varian bahasa dan adat istiadat yg berbeda, namun mengapa kalau disebut Batak yang muncul adalah bahasa dan adat istiadat Toba? Ke-4 sub Batak lainnya tidak mendapatkn tempat. Ada ketidakadilan budaya dan ada sebuah klaim atau kekuatan dari kelompok etnis Toba. Sekali lagi saya katakan bahwa Batak itu bukan Toba. Budaya Batak tidak ada yang ada adalah budaya Toba, Mandailing, Pakpak, Simalungun, dan Karo.

  6. hendro sinaga
    Posted Februari 25, 2010 at 1:57 am | Permalink

    Horas….
    Molo naeng mambaen title suatu blog Sejarah batak,haruslah isi nya sesuai dengan title tersebut….
    title “Sejarah Batak”, haruslah isi bener2 tentang sejarah batak,jala harus detail do i jelashon..
    Botima pesan sian au..

    Salam: Endru chinaga – Software engine(The Next Web Master)

  7. Posted Juni 19, 2010 at 4:08 pm | Permalink

    toho do nanidok munai, alana ngagodang be naposo nuaeng,
    lupa tu basa batak alana jaman nuaeng nga mulai maju….!!!

    jd anggo ni ihutton jaman. olodo mago basa batak..!!
    unang2 dohot halak batak na pe mago….!!!

    danggi natuatua..??

  8. tgk eduart zhein
    Posted Juli 1, 2010 at 8:46 pm | Permalink

    saya kira para ahli perlu
    mengkaji apa benar asal usul semua orang batak dari samosir?bukan bermaksud SARA,namun kita perlu meluruskannya,sbg org simalungun saya kurang setuju dgn pendapat org yg mengatakan pusuk buhit sbg asal semua suku batak.jd kiranya sebuah pernyataan itu sesuai dgn fakta yg ilmiah,bkn legenda semata..
    diate tupa…
    horas..

  9. LumbanRaja
    Posted Juli 9, 2010 at 7:15 am | Permalink

    Batak memang terdiri dari 4 sub suku, smuanya saling berkaitan erat. saya percaya asal usul manusia yang datang di pulau sumatera dulu dan khusunya awal mula di tapanuli dari pantai(barus yang berasal dari imigran india) dan malaya(malaysia)akhirnya semua grombolan imigran pendatang dari 2 arah tersebut menetap di wilayah masing-masing yaitu di tapanuli yang terdiri dari : toba,karo,simalungun,pakpak-dairi. menurut peneliti dari luar negeri, dahulu kala (12000 tahun yang lalu) daratan pulau sumatera,malaysia,kalimantan,dan pulau jawa adalah satu dan membentuk satu daratan. semenjak berakhirnya era zaman es di akhir tahun 10000BC daratan yang menyatukan ke 3 daerah tersebut terputus akibat dari efek peningkatan permukan level air laut dan akhir dari jaman es selama beberapa waktu dan akhirnya masing2 suku yang dulunya tiggal dalam satu benua itu akhirnya terpisah dan terisolasi lalu membentuk karakter suku masing-masing (batak,dayak,jawa,dll)setelah dalam waktu tertentu itu mulai datang lagi imigran pendatang dari luar daratan sunda yaitu kelompok ras austronesia yaitu mulai dari wilayah taiwan hingga ke wilayah indonesia(kalimantan,sumatera,sulawesi,jawa,bali dan sekitarnya) dan kepulauan pasifik. akhirnya ras ini berkawin campur dengan penghuni awal daratan sunda. akan tetapi untuk mengetahui ke khas DNA penghuni asli di wilayah indonesia ini susah untuk dilacak karena sudah ada kawin campur antara orang pribumi dengan imigran austronesia. menurut peneliti, DNA yang paling khas di dunia(diliat dari mitochondria)adalah suku-suku yang berasal dari daratan africa karena mereka yang menetap disana dan berkembang biak diantara sesama mereka dan sedikit yang berkawin campur dengan suku luar, khusus di africa. cuma yang saya bingungkan menurut peneliti luar, manusia yang datang ke daratan indonesia ini sudah ada sejak era 2juta-500 ribu tahun yang lalu. ini didukung oleh penemuan fosil-fosil manusia prasejarah dari jenis homo erectus(inilah manusia pertama yang mulai berburu akan tetapi hidup mereka masih nomaden) dan homo sapiens(jenis inilah yang mulai bercocok tanam dan mulai hidup menetap di suatu wilayah) yang kebanyakan ditemukan di pulau jawa. yang jadi pertanyaan saya adalah kenapa kenapa peradaban kerajaan di wilayah nusantara ini mulai muncul pada abad 5 masehi. padahal manusia yang datang ke wilayah indonesia telah ada sejak zaman dahulu kala, dan kenapa kelompok manusia prasejarah tersebut tidak membentuk peradaban yang maju sejak dulu. contoh hunian wilayah yang di temukan manusia prasejarahnya kebanyakan ditemukan kerajaan yang telah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi : india,china,timur-tengah dll. apakah dahulu, pernah terjadi bencana alam yang maha dasyat yang mengakibatkan kepunahan mansuia prasejarah di indonesia sehingga mereka tidak dapat membentuk sebuah peradaban yang maju sejak dahulu kala. ini adalah pendapat dari saya sendiri mohon maaf jika agak melenceng dari sejarah batak, thx.. horas dihita sude

  10. Lumban Raja
    Posted Juli 10, 2010 at 8:58 am | Permalink

    maaf koreksi BATAK terdiri dari 6 sub suku

  11. Robert Sagala
    Posted Desember 11, 2010 at 5:32 am | Permalink

    Batak Nias. Harusnya ada enam kelompok suku Batak. Di Medan tahun 1960 an. Ada Lembaga Budaya Batak. Di brosur yang diterbitkan. Nias temasuk Suku Batak. Bagaimana pendapat saudara2ku.

  12. Posted Juni 7, 2011 at 11:44 pm | Permalink

    DIASAHAN LABUHAN BATU TANJUNG BALAI SUMUT, JUGA ADA ORANG BATAK HEBAT BERNAMA JALAUT HUTABARAT, PERNAH TERPILIH MENJADI PEMUDA MELAYU SETANJUNG BALAI ASAHAN, DAN PENCIPTA MOTO KOTA TANJUNGBALAI:BELAYAR SATUJUAN BETAMBAT SETANGKAHAN, DAN SEKARANG EXIS MENCIPTA LAGU-LAGU MELAYU ASAHAN, YANG DIKENAL ORANG DENGAN SEBUTAN *WAK UTEH*

  13. PATIKNO SITUMORANG
    Posted Oktober 11, 2011 at 7:34 pm | Permalink

    Saya setuju usul/pernyataan akka dongan bahwa saudara2 dari nias termasuk Suku Batak,dan perlu kita ingat bukankah Pulau nias ada dalam teritorial kerajaan BATAK pada jamannya ?

    Dan himbauan saya,marilah kita yang mengaku Putra – Putri Batak bergandengan tangan untuk memperbaiki kekurangan pada sejarah BATAK/TOBA.Ingat jangan sia sia bahwa kita putra putri BATAK/TOBA sudah lebih Intelektual (Maju) dibanding Pendahulu kita.

    Sudah seharusnya kita lebih cermat dalam menyikapi segalah hal,terutama dalam pelestarian adat-istiadat yg sudah dibangun Nenek moyang KITA…….

    HORAS…HORAS… ma dihita sasude (Salam dari Putra Manduamas-Barus)

  14. wulan
    Posted Maret 10, 2012 at 11:37 am | Permalink

    klu mau buat sejarah batak kumpulkan dl fakta br msk kan dlm situs
    Br jls sub ny nd asal mulany

  15. Posted Mei 3, 2012 at 10:36 am | Permalink

    Tulisan tanpa bukti adalah karangan fiksi.


Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *
*
*

%d blogger menyukai ini: