Pdt DR Bonar Napitupulu kembali menjadi Ephorus HKBP

Diawali perhitungan suara yang sempat berlangsung cukup ketat, akhirnya Ephorus Pdt DR Bonar Napitupulu terpilih menjadi Ephorus HKBP periode 2008-2012 pada Sinode Godang HKBP dengan agenda pemilihan Ephorus, di Auditorium Seminarium Sipoholon, Tapanuli Utara, Kamis (4/9).
Penetapan Ephorus terpilih tersebut melalui pemilihan putaran kedua dengan hasil akhir perolehan suara untuk Pdt DR Bonar Napitupulu sebanyak 682 suara dan calon lainnya yaitu Pdt WTP Simarmata MA mendapat sebanyak 585 suara, selisih 97 suara.

Selisih suara kedua calon tersebut sebanyak 97 untuk keunggulan Pdt DR Bonar Napitupulu dari sebanyak 2.268 sinodestan yang berhak memberikan suara dalam pemilihan tersebut. Dan dari jumlah itu, satu suara dinyatakan batal.

Pemilihan Ephorus HKBP terpaksa dilakukan dua putaran karena pada putaran pertama yang diikuti 3 calon yaitu Pdt DR Bonar Napitupulu, Pdt WTP Simarmata MA dan Pdt DR Jamilin Sirait tak satupun di antara calon yang dapat memenuhi suara sesuai ketentuan yaitu 1/2N + 1.  Pada putaran pertama tersebut, Pdt DR Bonar Napitupulu memperoleh 602 suara, Pdt WTP Simarmata MA 474 suara dan Pdt DR Jamilin Sirait 192 suara.

Mengetahui hasil akhir perhitungan suara, Pdt DR Bonar Napitupulu mendapat ucapan selamat dari Pdt WTP Simarmata MA dan keduanya saling berpelukan sangat erat dan foto bersama di Altar Auditorium Seminarium Sipoholon. Pada saat para sinodestan dan peninjau yang setia mengikuti perhitungan suara memberikan applaus kepada kedua tokoh HKBP tersebut yang terlihat sangat akrab dan tidak sedikitpun wajahnya memancarkan ketegangan karena persaingan.

Usai perhitungan suara dan penetapan pemenang oleh panitia pemilihan, kepada Pdt PWT Simarmata MA diberikan kesempatan untuk menyampaikan sepatah kata kepada sinodestan dan peninjau. Mengawali ucapannya, Pdt WTP Simarmata MA mengajak seluruh pimpinan HKBP dan hadirin untuk mengucapkan puji syukur kepada Tuhan karena sinode godang HKBP pemilihan Ephorus dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Selanjutnya seluruh peserta sinode diajak secara bersama-sama bergembira dan mengucapkan selamat kepada Pdt DR Bonar Napitupulu yang terpilih sebagai Ephorus HKBP. Pdt Simarmata juga mengulangi seruannya pada saat pembukaan sinode ketika memberikan laporan sebagai Ketua Umum Panitia Sinode Godang yang menghimbau agar keutuhan HKBP tetap dijaga. Juga diminta agar ditunjukkan kepada seluruh dunia bahwa kedamaian ada di HKBP.

Selanjutnya kepada pendukung yang telah memilihnya, Simarmata meminta supaya semuanya mendukung kepemimpinan Pdt DR Bonar Napitupulu sebagai Ephorus HKBP. “Sisada tangiang do hita songon naposo ni Tuhan I, asa tapareahi nadumenggan membangun bangsa dan negara dohot masyarakat, ai tusido hita di jou asa gabe pasu-pasu hurianta di tonga-tonga ni nahumaliang hita,” sebut Simarmata mengakhiri sambutannya yang disambut tepuk tangan sinodestan terutama setelah ditegaskan kembali bahwa pihaknya akan mendukung pimpinan HKBP dalam pelaksanaan seluruh tugas pelayanan di tengah-tengah HKBP.

Pemilihan berlangsung lancar dan tertib serta dengan kondisi yang kondusif dipimpin Ketua Panitia Pemilihan Pdt Syarif Nababan yang merupakan pendeta tertua HKBP pada pelaksanaan sinode tersebut. Acara pemilihan dimulai sekira pukul 09.00 WIB dan berakhir sekira pukul 19.00 WIB.

Acara sinode kembali dilanjutkan untuk kebaktian syukuran terpilihnya Ephorus dan akan dilanjutkan untuk pemilihan Sekretaris Jenderal (Sekjen) HKBP, kepala-kepala departemen dan praeses untuk 26 distrik periode 2008-2012. Sedangkan pelantikan Ephorus terpilih dilaksanakan, Minggu 7 September 2008 dalam acara kebaktian di Gereja HKBP Pearaja Tarutung oleh pendeta tertua di HKBP.

Iklan

11 Comments

  1. St.M.Sitanggang, MSc
    Posted September 12, 2008 at 1:30 pm | Permalink

    Mengucapkan Selamat Kepada Amang Pdt. DR. Bonar Napitupulu atas terpilihnya kembali Jadi Ephorus HKBP. Harapan kami untuk ke depan kiranya memperbanyak hubungan dengan Negara lain dan Tokoh Agama. Biarkanlah urusan intern HKBP lebih banyak melibatkan Sekjen atau Kepala Departemen. Artinya Ephorus melakukan hubungan ke luar, sedangkan pembantunya membesarkan HKBP dari dalam. Kalau amang Ephorus masih lebih banyak mengurusi Perpindahan Pendeta, mangompoi, melantik dan lain-lain, kapan besarnya HKBP. APA KATA DUNIA. GBU.

  2. Posted Oktober 5, 2008 at 3:48 pm | Permalink

    Mengucapkan Selamat Kepada Amang Pdt. DR. Bonar Napitupulu atas terpilihnya kembali Jadi Ephorus HKBP.
    Harapan kami untuk ke depan kiranya Rumah Sakit HKBP Balige diperhatikan,

    Horas
    dari Admin http://bersamatoba.com
    Ir.Ivan.Napitupulu Blogger Batak par Balige – Toba Samosir.

  3. Ninna Hita
    Posted Oktober 21, 2008 at 12:40 pm | Permalink

    selamat ya Amang…
    1 minggu lalu kan, abis dtg ke HKBP Surabaya yaaa
    GBU

  4. arsian napitoepoeloe
    Posted November 1, 2008 at 10:55 am | Permalink

    saya dr malaysia tidak tahu tentang ephorus ini kerana baru saja membuka di internet ini. marga saya Napitoepoeloe kelahiran malaysia namum tidak tahu berbahasa batak. berasal di balige. maaf jika tulisan ini tidak menepati kehendak tuan kerana tiada komentar dari saya.

  5. arsian napitoepoeloe
    Posted November 1, 2008 at 10:56 am | Permalink

    horass….

  6. arsian napitoepoeloe
    Posted November 1, 2008 at 10:58 am | Permalink

    lupa nak tulis email saya rallnaz_04@yahoo.com jika ada yang sudi berbicara – horas.

  7. Posted November 4, 2008 at 4:52 pm | Permalink

    Saya sangat senang dengan cara pemilihan Pucuk Pimpinan HKBP,yang terlihat sangat demokratis.Untuk itu saya juga mengharapkan agar mulai sekarang panggilan kepada Ephorus,cukup dengan Amang.Panggilan Ompui rasanya terlalu tinggi,toh cara-cara pemilihannya juga mirip Pilkada,dan kelihatan perbedaan satu dengan yang lain tidak banyak.Ok kita mulai,selamat bekerja buat Amang Ephorus Pdt Dr.Bonar Napitupulu.

  8. Posted November 12, 2008 at 2:45 pm | Permalink

    syaloom Amang,nama saya siheri Darwani Br.Sinambela,saya Mahasisiwi UkCW(Universitas Kristen Cipta Wacana Malang Jawa Timur jurusan Sastra Inggris.Maksud saya menulis disini Saya hanya mau minta bantuannya dari Amang.Saat ini saya sedang menulis Skripsi yg berjudul Tentang Pesta Huria Di HKBP yang akan saya tulis dalam bahasa Inggris.saya mau minta bantuan agar Amang mau memberikan bantuan berupa Data-data yang saya perlukan.diantaranya
    1. apa kah artinya Pesta Huris itu?
    2. Sejarah pesta Huria
    3. biografi dari para Ephorus, Sekjen HKBP, kepala departement Koinonia,Marturia,Diakonia.
    selain itu saya mohon bantuan dari Amang untuk memberikan masukan2 yg dapat membantu penulisan Skripsi saya.mungkin untuk sementara hanya ini dulu yang bisa saya sampaikan kepada Amang.Mudah-mudahan Amang berkenan membantu saya dgn menjawab semua pertanyaan2 saya.saya sangat berharap atas bantuan amang ini.terima kasih

  9. Jansen Justin
    Posted Januari 6, 2009 at 4:22 pm | Permalink

    tolong ompu supaya lebih memperhatikan para pensiunan pendeta, guru huria dan bibelvrouw serta janda – janda pendeta.. khusunya untuk uang pensiunan nya saya sebagai anak dari janda pendeta sangat miris melihat unag pensiun yang diterima “omak” saya setiap bulan nya……

  10. harris joentaku
    Posted Oktober 7, 2009 at 9:26 pm | Permalink

    Setelah terpiih jadi eporus, sangat jarang saya mendengar
    Setuhan dari amang untuk manise angka
    Ruas na di pangarantoan, karena di pangarantoa
    Ini bnyk jemaat hkbp yang pindah ke
    Gereja lain, untuk itu amang bisa ingat
    Kami kami yang di perantauan ini,

  11. Parngoluan S
    Posted Mei 18, 2010 at 9:19 am | Permalink

    pertama saya ucapkan Selamat
    buat amang Pendeta,

    Hal yang ingin saya sampaikan
    hendaya gereja HKBP yang amang
    pimpin lebih dewasa lagi, sehingga
    jemaat HKBP boleh merasakan kehadiran
    Tuhan dalam dirnya, karna saya
    melihat tata Ibadah HKBP yang kurang
    bisa melihat perkembangan/keinginan
    jemaatnya.

    Selamat menggembalakan Jemaat yang Tuhan Percayakan pada Amang Pendeta.


Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *
*
*

%d blogger menyukai ini: