Asal Usul Marga Sihombing Lumbantoruan

Lumbantoruan merupakan salah satu marga dari suku Batak, diwarisi oleh semua yang bermarga Lumbantoruan, baik lelaki maupun wanita dari garis keturunan Bapak secara turun-temurun. Lumbantoruan yang pertama bergelar BORSAK SIRUMONGGUR, merupakan anak kedua dari Sihombing yang mempunyai 4 orang anaklaki-laki dengan urutan sebagai berikut:

  1. Silaban gelar Borsak Junjungan
  2. Lumbantoruan gelar Borsak Sirumonggur
  3. Nababan gelar Borsak Mangatasi
  4. Hutasoit gelar Borsak Bimbinan.

Marga yang diwarisi oleh keturunan masing-masing adalah Silaban, Lumbantoruan, Nababan, dan Hutasoit. Keempat gelar tersebut sering dipakai sebagai nama perkumpulan marga oleh keturunan yang bersangkutan di perantauan, atau sebagai nama nenek moyang dari marga yang bersangkutan. Misalnya marga Lumbantoruan, pomparan (keturunan) dari Borsak Sorumonggur.

Perlu dicatat bahwa mayoritas orang yang bermarga Lumbantoruan memakai marga Sihombing, sedangkan yang bermarga Silaban, Nababan, dan Hutasoit hanya sedikit yang memakaimarga Sihombing.

Mengingat keturunan dari masing-masing marga telah banyak jumlahnya, maka sejak puluhan tahun yang lalu telah disepakati oleh keturunan dari empat bersaudara: Silaban, Lumbantoruan, Nababan, dan Hutasoit untuk boleh saling mengawini. Artinya,lelaki dari masing-masing marga ini boleh mengawini perempuan marga lainnya dari kelompok empat marga yang bersaudara tersebut. Persetujuan nikah tersebut di dalam upacara tastas bombong.

MENGAPA MARGA ITU PERLU?

Sejak dulu Orang Batak telah mempunyai marga. Marga memegang peranan dalam adat istiadat, budaya, pergaulan, dan kehidupan sosial di lingkungan masyarakat Batak, khususnya dalam rangka melaksanakan falsafah Dalihan na Tolu. Selama- orang masih mengaku dirinya sebagai Orang Batak ia akan tetap memerlukan marganya di dalam penyelenggaraan adat istiadat, budaya, dan tata krama pergaulan di dalam masyarakat, sekalipun ia hidup di perantauan.

Selain itu, marga yang diwarisi secara turun temurun itu dapat berfungsi sebagai family name, yang umumnya pada banyak bangsa di dunia ini diwariskan kepada keturunannya. J adi, marga itu –umpanya Lumbantoruan– dapat berfungsi sebagai salah satu identitas.

SEJAK KAPAN MARGA LUMBANTORUAN ITU ADA?

Di dalam kehidupan sosial dan pergaulan Orang Batak, masing-masing orang yang semarga perlu mengetahui silsilah dan nomor silsilah masing-masing. Kenapa silsilah perlu diketahui adalah untuk membedakan teman semarga yang kita hadapi itu apakah merupakan haha doli (abang) atau anggi doli (adik). Sedangkan gunanya mengetahui nomor silsilah adalah agar kita mengetahui apakah teman semarga yang kita hadapi itu termasuk golongan Bapak, Kakek, Anak, atau Cucu.

Nomor silsilah nenek moyang kita, Borsak Sorumonggur adalah nomor 1. Nomor silsilah anaknya adalah nomor 2, sedangkan cucunya adalah nomor 3, demikian seterusnya. Apabila seorang memiliki silsilah bemomor 15, maka ia akan menyebut marga Lumbantoruan bemomor silsilah 14 sebagai Bapak dan yang bemomor silsilah 16 sebagai Anak.

Dengan memperhatikan nomor silsilah bermarga Lumbantoruan di Jabodetabek, nomor silsilah generasi Lumbantoruan yang hidup sekarang bervariasi, mulai dari nomor 14 sampai dengan nomor 19. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa marga Lumbantoruan sudah ada sejak sekita 3 – 4 abad yang silam.

DI MANAKAH TEMPAT BERMUKIM MARGA LUMBANTORUAN?

Semula, Sihombing bermukim di Pulau Samosir. Mungkin untuk memperoleh ruang hidup yang lebih baru dan lebih baik ia bersama keempat anaknya: Silaban, Lumbantoruan,

Nababan, dan Hutasoit pindah ke Tipang, seberang Danau Toba. Tipang terletak di pantai, selatan Danau Toba, pada tanah pesisir yang sempit, dikelilingi perbukitan yang cukup, tinggi di sebelah selatan, tidak jauh dari Bakara –tempat pemukiman Raja Sisingamangaraja.

Keluarga Sihombing beserta anak-anaknya cepat berlipat ganda di Tipang, hal yang membuat lahan persawahan dan pertanian yang terasa kurang. Oleh sebab itu, sebagian keturunan Sihombing bermigrasi (pindah) ke dataran tinggi, atau disebut juga Humbang, Semula, keturunan Lumbantoruan mendirikan kampung dekat Lintongnihuta, namanya, Sipagabu. Dari Sipagabu inilah secara bertahap keturunan Lumbantoruan berpencar dii daerah Humbang, yaitu:

  • Lintongnihuta dan sekitarnya
  • Bahalbatu dan sekitarnya
  • Sibaragas dan sekitarnya
  • Sipultak dan sekitarnya
  • Butar dan sekitarnya.

Di tiga daerah pertama bermukim keturunan Hutagurgur Lumbantoruan, anak sulung Lumbantoruan. Di Butar dan sekitarnya bermukim keturunan Toga Hariara Lumbantoruan, anak kedua (bungsu) dari Lumbantoruan. Di keempat daerah tersebut marga Lumbantoruan merupakan mayoritas ketimbang marga-mara yang lain. Selain di empat daerah itu, keturunan Lumbantoruan juga berbaur dengan Silaban, Nababan, dll

Hutasoit di luar Humbang, persisnya di sekitar Pahae yang berbatasan dengan Angkola. Di Tipang sendiri sampai sekarang masih tinggal bermukim sekelompok Lumbantoruan keturunan Mambirjalang, dalam hal ini Pareme dan Nasorasabat.

Perlu juga diketahui tempat pemukiman ketiga marga keturunan Sihombing (Silaban, Nababan, dan Hutasoit) di Humbang, yaitu:

  1. Silaban di Silabanrura, Butar
  2. Nababan di Nagasaribu, Lumban Tonga-tonga Paniaran, Sipariama, dan Lumban Motung dan sekitarnya.
  3. Hutasoit di Siborong-borong, Butar, Lintongnihuta, dan sekitarnya.

Untuk beberapa abad, persawahan dan pertanian di tempat pemukiman Lumbantoruan masih terasa cukup. Akan tetapi, seiring dengan percepatan pertumbuhan keturunan Lumbantoruan yang cepat berlipat ganda, persawahan dan pertanian pun semakin terbatas. Sejak itulah keluarga-keluarga Lumbantoruan bermigrasi ke tempat lain. Pada masa Perang Kemerdekaan, perpindahan keluarga-keluarga Lumbantoruan makin meningkat ke daerah Sumatera Timur. Secara bertahap hingga sekarang keluarga-keluarga Lumbantoruan (terlebih generasi mudanya) banyak yang pindah ke tempat lain, tersebar hingga ke kota-kota besar dan pulau-pulau lainnya.

Akibatnya sekarang, banyak kampung di Humbang, daerah asal Lumbantoruan, mayoritas penduduknya adalah orang-orang yang sudah tua. Banyak para pemuda meninggalkan kampung halamannya untuk sekolah atau untuk memperoleh hidup yang lebih baik. Di Jakarta, mereka mempunyai Parsadaan (perkumpulan) yang diberi nama Parsadaan Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan Dohot Boru & Bere Se-Jabotabekdep dan sekitarnya.

SIAPAKAH YANG BERMARGA LUMBANTORUAN?

Yang bermarga Lumbantoruan adalah :

  1. Pada dasarnya semua orang, lelaki dan wanita, yang mewarisi marga tersebut melalui garis bapaknya.
  2. Semua perempuan non-Batak yang sudah diberi (diampehon) marga boru Lumbantoruan melalui proses adat atas permintaanya sendiri dan (calon) suaminya. Suaminya adalah bere dari salah satu keluarga Lumbontoruan, atau anak atau keturunanya dari saudara perempuannya.
  3. Semua lelaki non-Lumbantoruan yang diadopsi oleh salah satu keluarga Lumbantoruan.

BAGAIMANA PEREMPUAN ATAU LELAKI NON-LUMBANTORUAN BISA MENJADI LUMBANTORUAN?

Seperti dikemukakan di atas sudah makin banyak keluarga Lumbantoruan yang berdomisili jauh dari daerah asal nenek moyangnya. Dalam situasi yang demikian perkawinan antar suku, bahkan antar bangsa tak terhindarkan. Oleh Sebab itu sudah makin banyak pemuda Lumbantoruan yang menikah dengan perempuan dari suku non-Batak.

Demikian pula para bere dari Lumbantoruan, yaitu anak atau keturunan dari ibu (boru) Lumbantoruan. Dalam hal ini banyak bere dari Lumbantoruan, yang bersama calon isterinya memohon kepada keluarga Lumbantoruan terdekat untuk memberi (mangampehon) marga kepada sang (calon) isteri tersebut . Dengan demikian praktis keluarga Lumbontoruan tersebut “harus” mengadopsi perempuan non-Batak dimaksud menjadi anaknya putrinya atas restu ketiga unsur marga sesuai dalihan na tolu.

Dengan pemberian marga itu, maka :

  • Bere itu mempunyai Hula-hula
  • Anaknya mempunyai Tulang
  • Cucunya mempunyai Bona Tulang
  • Anak cucunya mempuyai Bona ni Ari

Hal yang sama bisa terjadi pada lelaki non-Lumbantoruan, bisa menyandang marga Lumbantoruan melalui proses memberi (mangampehon) marga atas permintaan pihak keluarga (calon) isteri lelaki dari suku non-Batak tersebut. Hanya memang, peristiwa ini sangat jarang, karena prosedumya lebih ketat dan memerlukan pertimbangan yang lebih matang. Dengan demikian terjamin hak dan kewajibannya dalam adat istiadat orang Batak sampai tiga keturunan.

Dikutip dari “Buku Parsada Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan“

About these ads

  1. RENOL SIHOMBING
    Posted Agustus 3, 2008 at 4:59 am | Permalink

    Kata almarhumah bapak saya lumban turuan itu ada 4 kalu boleh tau itu siapa aja dan dari mana asalnya atau jalannya trimakasih

  2. Posted Januari 9, 2009 at 1:45 am | Permalink

    senang juga saya membaca sejarah asal-usul marga Lombantoruan, karena saya mempunyai sahabat dekat semenjak bertugas di Aceh, bernama Maraden Sihombing …horas haha Doli

  3. Jackson Sihombing
    Posted Maret 9, 2009 at 4:30 am | Permalink

    SEMOGA SELURUH UMAT BATAK TERUTAMA SELURUH LUMBANTORUAN SALING MEMBANTU DALAM SEGALA HAL MEMPERKUAT PERSATUAN YG KOKOH

  4. Jackson Sihombing
    Posted Maret 9, 2009 at 4:31 am | Permalink

    AMIN !

  5. VERRY LUMBANTORUAN
    Posted April 11, 2009 at 4:42 pm | Permalink

    saya salut lihat perkembangan bona pasogit humbang yang dipimpin BUPATI HUMBAHAS DRS.MAIDDIN SIHOMBING MSI.jaya terus humbang jadilah kabupaten yang permanen di sumatra utara ini.verry sihombing.(Denpasar-bali)

  6. Betty sihombing
    Posted Mei 5, 2009 at 4:57 pm | Permalink

    pernah dengar katanya ada pulau sihombing dekat samosir. katanya di sekitar danau toba. benar gak itu???

  7. Posted Mei 27, 2009 at 12:43 am | Permalink

    HORAS… Au lumbantoruan 17 pinompar datu parulas. Salam kenal.!

  8. Parman Lumban Toruan
    Posted Juni 19, 2009 at 4:12 pm | Permalink

    Horas…..

    Saya mhn bantuannya untuk mengirim silsilah lumban toruan ke email saya.

    Thank’s

  9. uper sihombing
    Posted Juli 3, 2009 at 10:32 am | Permalink

    horas tano batak
    marsipature hutana be
    unag dung mamora lupa tu adat batak
    semoga batak jaYA selalu

    aen lae ,,appara,,bapa tua,, uda,, namboru

  10. mei yetti
    Posted Juli 19, 2009 at 9:44 am | Permalink

    horas ma di hamu sudena
    saya sangat senang membaca nya karna saya adalah aslah satu boru lumban toruan jadi saya bisa menambah pengetahua saya trima kasih
    horas……… horas……

  11. anakmuda82
    Posted Agustus 8, 2009 at 6:08 pm | Permalink

    bersama kita menjaga seluruh kekayaan asal usul marga kita ,kelak marga kita akan menjadi marga besar di setiap daerah di indonesia bahkan dunia

  12. anakmuda82
    Posted Agustus 8, 2009 at 6:10 pm | Permalink

    saya harris s lumbantoruan di balige sungguh senang baca blog ini…

  13. Posted Agustus 29, 2009 at 9:01 pm | Permalink

    Horas au Arif Sihombing nomor 16 anak ni Oloan Sihombing au..
    MAJU TERUS SIHOMBING SIOPAT AMA,HIDUP PARTOGI

  14. Anton Nababan
    Posted September 1, 2009 at 10:22 pm | Permalink

    Horas tu sude Nababan

  15. Odis Lumbantoruan
    Posted September 5, 2009 at 9:29 am | Permalink

    syalom semua…
    saya ingin tya nih…smp saat ini kturunan lumbantoruan yg tertua no brp dan tngl d mn?????
    trim’s sblumnya.

  16. Posted September 29, 2009 at 3:12 pm | Permalink

    horas sihombing ……

    jangan lupa bona pasogit

    marsipature hutanabe

  17. Nies
    Posted November 25, 2009 at 5:18 pm | Permalink

    MAKIN OK MAKIN MANTAP SIHOMBING TERUS BERKIBAR DI PENJURU DUNIA

  18. akin lbn.toruan
    Posted Desember 27, 2009 at 2:47 pm | Permalink

    Beta hamu akka oppung,bapa tua, uda,namboru, ito, abang dan appara ku hita kabari bahwa persatuan kita lebih kuat dari yang lain.

  19. Posted Januari 30, 2010 at 9:15 am | Permalink

    dung hujaha angka barita na di situs on,godangdo dengganna alai godangdo naporlu sipatureon sesuai nahuboto.mardomu muse godangdo turi2an ni ompunta nahuboto.Atik adong na naeng mardiskusi tu ahu boi do.
    Sian Ama Rotua Sihombing nmr 17 Penasehat Borsak Sirumonggur P.Siantar

  20. Daniel Sihombing
    Posted Maret 23, 2010 at 8:31 pm | Permalink

    Saya sihombing no 16 yg tdnya non sihombing mau tanya klau sya bersama kluarga mau gabung punguan sihombing kra2 sya dtg kmn dn skrg sya tggl d jkt timur br 1 bln berkluarga.. Sya mhn imfonya d krm k emil ini. Trimakasih

  21. Franky Sihombing
    Posted Mei 8, 2010 at 2:01 pm | Permalink

    saya sihombing lumbantoruan no.17, salam kenal semua.semoga kita keturunan borsak sirumonggur sukses selalu.

  22. zeplin Lumbantoruan
    Posted Mei 28, 2010 at 4:31 pm | Permalink

    Manukun majolo au di hita sude,,,,aha do Arti TOGA, BORSAK, dohot PUNGUAN…? Jala AHA PERBEDAAN ni na tolu i..? alana Nposo dope iba…Horas Madihita Sude…Mauliate..!

  23. Posted Juni 1, 2010 at 8:21 pm | Permalink

    horas

  24. lastiur sihombing
    Posted Juli 31, 2010 at 12:52 am | Permalink

    iyyaaa…
    horas ma di hita saluhutna…

    klo boleh minta tolong dikirim ke email saya atau ke inbox FB saya max_tiurvino@yahoo.com
    boleh gak kalo brhombing menikah dngn marga hutapea sdngkan ma2 saya boru hutapea jg…??
    makasih banyak…

  25. sartika lumbantoruan
    Posted Agustus 31, 2010 at 6:52 pm | Permalink

    senang bgt krn da thu sejarah marga qu sendiri….
    tapi terkadang binggung..napa ada yang bwt marganya sihombing n da yg bwt lumbantoruan, padahal thu kan sama..

  26. Micky Heaven
    Posted November 14, 2010 at 12:01 pm | Permalink

    Luar biasa silsilah Lumbantoruan, sampai skr msh tercatat dgn baik, hingga para keturunan Opung Lumbantoruan msh bs slg mengenali sbg saudara/keluarga dan slg terikat, demikian jg dgn marga2 Batak yg lain. Sy sgt salut dgn suku Batak yg begitu kuat dlm kekeluargaan, tdk ada duanya di Indonesia. Horas dan shallom! Salam dr Micky Heaven, saudara dr Surabaya, asli Jawa Timur.

  27. Posted November 19, 2010 at 7:57 pm | Permalink

    Denggan situtudo hatai, atik pe adaong nahurang angka hurufna. Asa marsipaturean hita. Alai adong na hudok tu hita sude pomparan ni Borsak sirumonggur. Unag holan komentar tabaen, taparrohahon angka namanganggur. Asa angur goari.

  28. Posted November 28, 2010 at 8:04 pm | Permalink

    HORAS DI SUDE NA

    MOLO BOI ATONG BAEN MA GAMBAR NI TAROMBO SIHOMBING HT GUR2 SIAN GIJANG SAHAT TU TORU ASA BOI SIA AJAR HAMI……….

  29. Posted Januari 24, 2011 at 4:52 pm | Permalink

    menggaris bawahi kalimat berikut : “Mengingat keturunan dari masing-masing marga telah banyak jumlahnya, maka sejak puluhan tahun yang lalu telah disepakati oleh keturunan dari empat bersaudara: Silaban, Lumbantoruan, Nababan, dan Hutasoit untuk boleh saling mengawini.”
    saya salah satu orang yg bukan penganut Marsibuatan. jadi saya kurang setuju dengan kalimat tersebut. bisakah saya mendapatkan keterangan yg lebih jelas mengenai Marsibuatan diantara Sihombing. knpa bisa terjadi dan apa alasan yg tepat untuk menganut Marsibuatan. Terima Kasih.

  30. hendry sihombing
    Posted Januari 28, 2011 at 12:13 am | Permalink

    mantap semoga selalu jaya, situs ini sangat bermanfaat sekali untuk yg belum mengetahui silsilah khususnya yg ada di perantauan. maju terus….pantang menyerah

  31. I James Sihombing
    Posted Februari 4, 2011 at 10:26 pm | Permalink

    kalo memang sihombing sudah marsibuatan apalagi terkesan memang seperti disarankan agar boleh marsibuatan berarti sihombing siopat ama tidak akan eksis lagi dong karena diantara sihombing itu sudah menjadi boru atau sdh menjadi hulahulanya yang artinya menurut pemahaman saya siopat ama dang be mardongan tubu karena ga mungkin dong sisada anak sisada boru molo dung marsibuatan!

  32. paido sihombing
    Posted Februari 7, 2011 at 9:44 pm | Permalink

    klo yg bentuk silsilah bisa di tag..??
    biar bisa dilihat awalnya dari mana kemana..!!
    ruddut q lat ini..
    hehhhehe..

    horas..!!

  33. wariston sihombing
    Posted Februari 24, 2011 at 7:01 pm | Permalink

    klu silsilahnya ada ga
    biar bs tau semua marga sihombing

    horas medan.;.;.

  34. josua wariston
    Posted Februari 26, 2011 at 3:04 pm | Permalink

    horas………..

    adong do opung silsilah ni marga sihombing i

  35. Lia Sihombing
    Posted April 28, 2011 at 11:34 am | Permalink

    horas….
    saya sihombing lumbantoruan no 17 di Bengkulu.
    kLo silsilahnya ada ga?
    karena saya pengen tau smua marga Sihombing.
    Terimakasih.

  36. Parsaoran Sihombing
    Posted Mei 3, 2011 at 8:34 pm | Permalink

    Saya sihombing lumbantoruan no.17 keturunan op. portibi
    ada ga silsilah kita mulai dari atas, agar saya mengetahui semua marga sihombing.
    Saya sudah dua kali ke Tipang, saya mau tanya kalau di palipi sejarah sihombing apa ?

  37. Yunus Partogi lumbantoruan, Jambi
    Posted Mei 8, 2011 at 8:42 pm | Permalink

    Horas

    ! Syalom. Tuani ma adong situs on asa anggiat boi marsitandaan hita. Au sundut(no.16) marga sihombinglumbantoruan pomparan ni Datu lobi,Bapak ku Goarna Hisar L.Toruan,Omakku Br.Simanjuntak,lima hami bersaudara,tolu boru dua baoa,nuaeng au kelas tolu SMP N 16 Jambi,Tangiang hon hamu ma asa lulus au UN,dohot anggiku Yosua Lamhot Martua L.Toruan,asa lulus ibana UN sian SD,jala boi hami di jalo melanjut tu Negri.Mlt,Napuran tano-tano rangging mar siranggongan,badan ta padao-dao tondi ta marsigomgoman.

  38. Posted Mei 17, 2011 at 5:25 pm | Permalink

    perkenalkan aku sihombing lumbantoruna nomor 17, dari tebing tinggi….!!!

    horass di hita sude

  39. Renny Mariana
    Posted Agustus 1, 2011 at 1:15 pm | Permalink

    Salam kenal bt kita semua yg bermarga lumbantoruan dari saya renny mariana br sihombing lumbantoruan, klu ada yg tau silsilah sihombing lumbantoruaan dari no 1 tlg dong krm ke email saya. trima kasih horas,

  40. pansen l.toruan
    Posted Agustus 8, 2011 at 2:11 am | Permalink

    mungkin kl ad yg tau tarombo sihombing boleh dong di muat d sini jd kita bisa liat

  41. Toty suparman sihombing
    Posted September 1, 2011 at 9:56 pm | Permalink

    Horas dihita sudena
    dihamu natua tua nami
    ito nami dohot appara nami
    salam kenal sian ahu
    senang ada sejarah sihombing
    sehinga orang tahu bahwa sihombing itu kaya akan adat
    budaya

  42. holong sihombing
    Posted September 12, 2011 at 4:55 pm | Permalink

    mauliate ma

  43. Siti Lumbantoruan
    Posted September 17, 2011 at 8:53 pm | Permalink

    Horas ma di hamu sude tarlumobi tu sude lumbantoruan ia au parsiborong_borong do.

  44. Marrulli sihombing
    Posted Mei 6, 2012 at 11:37 pm | Permalink

    Saya sihombing lumbantoruan nmr 17,saya baru baca situs ini!saya mau tanya sejak abad ke berapa dan tahun berapa toga sihombing marsiambilan,tlng e-mail kan ya?

  45. Posted Juli 4, 2012 at 8:42 am | Permalink

    Horas ma di hita saluhutna.
    Saya juga Sihombing Lumbantoruan No.16 Datu Parulas.
    Mamereng sude tulisan na adong di situs on (44) saya bisa menyimpulkan bahwa generasi muda halak batak khususnya marga sihombing sangat ingin mengetahui silsilahnya sendiri, suatu keinginan yang sangat indah yang harus diresponse dengan baik, dan untuk itu saya manyarankan kepada ketua marga sihombing lumbantoruan untuk bisa memberi menjawa seluruh pertanyaan yang diajukan disini, khususnya bilamana ada yang meminta silsilah. Memang tidak ada silsilah yang lengkap berisi seluruh orang marga sihombing, tapi silsilah masing2 keluarga pasti ada, maka kepada mereka yang betul betul tidak memiliki silsilah keluragalah yang perlu pembekalan.
    Saudara Micky Heaven Penulis no 26, saya tidak tau apakah anda orang Batak, kalau ya anda boleh bangga jadi orang Batak, dan semua kita yang ada dibumi ini pantas berbangga hati jadi “Orang Batak” karena orang Batak dilihat dari kekeluargaan tidak ada bandinganya di Dunia ini dimana setiap batak bisa mengetahui dari mana dia berasal dan siapa nenek moyangnya sampai si Raja Batak kemudian ada missing link, saya tidak begitu mengetahui Jahudi apakah mempunyai silsilah seperti orang batak.Maka bukan hanya di Indonesia tapi di Dunia. Saya berkesempatan bertemu dengan berbagai bangsa di Dunia, Belanda, Jerman, Amerika, Meksiko, Australia dan bangsa2 Asia, saya boleh bilang Batak, dalam hal silsilah ini No.1, Jadi kita patut bangga jadi “Orang Batak. Coba tanya suku2 lain di Indonesia apa tau nenek dari bapanya….? demikian juga bangsa2 didunia sama saja….! Maka saya sangat bangga terhadap generasi muda kita yang tertarik mengenai silsilah ini karena dengan demikian anda tidak akan pernah tidak punya saudara dimanapun juga di Dunia ini asal beritahu siapa anda dan marganya apa, orang batak akan tersentak bilamana anda memberitahu marga anda khususnya di perantauan . Semoga tulisan ini dapat menggugah dan bermanfaat bagi kita semua dan cari taulah silsilah keluarga anda kepada keluaraga lain khususnya yang satu ompu pasti ada yang memiliki silsilah itu, dan dari sana anda bisa kembangkan silsilah anda sendiri,Horas…Horas…Horas

  46. Posted Juli 7, 2012 at 8:23 pm | Permalink

    ahu boru hombing lumbantoruan no.16 datu parulas sian bahal batu.
    molo au tinggal di pekanbaru…
    ahu lahir tgl 31-12-1961 di bahal batu siborong..
    horas ma aka ito ku dohot bapa ku di seluruh indonesia…
    sai totong ma hita rap manjaga marga ta ima lumbantoruan..

  47. Posted Juli 7, 2012 at 8:24 pm | Permalink

    molo adong na mananda au aka ito manang bapaku paboa da…

  48. Henro sihombing lumban toruan
    Posted Agustus 26, 2012 at 10:25 pm | Permalink

    Horas ma di hita saluhutna akka pinompar nisi hombing. Ia au hendro sihombing no16 sian luat lintong ni hut sigompul. Mauliate ma di hamu akka natua tua nami, ala naung di baen hamu sejarah nisihombing melalui internet,jala manambai parbinotoan nami akka naposo. Sai tuhanta ma namangaramoti hita saluhutna…..
    HORAS….

  49. Tulus Lumbantoruan
    Posted September 22, 2012 at 2:59 pm | Permalink

    Tu hita saluhutna pomparan Borsak Sirumonggur…..nganup-nganup hita adong do tarombo jadi nang sarupa i nang pe di bahen di situs on. Boido attong ta jalo tu angka natua-tuanta asa dilehon. Molo songon au adong do tarombo hutiop….jadi setiap pajumpa dohot sihombing hu bukka ma attong asa ni boto partuturan niba….sogoni do da na pas.
    HORAS MA DIHITA SALUHUTNA

  50. Posted Januari 15, 2014 at 9:26 pm | Permalink

    horas!!!

  51. Posted Januari 15, 2014 at 10:00 pm | Permalink

    Horas ma di hita saluhutna pomparanni borsak sirumonggur..
    mauliate tu amang TULUS LUMBAN TORUAN penulis nomor 49.

    to ho doi nanidok munai,memang ido satikkosna ikkon sukkunon do natua2ta be.
    sattabi nomor piga tahe hamu?,molo au sian HUTA GURGUR. OP.APPARTIBI nmr 14,umurhu sonari 38 thn,memang tarlambat situtu do anggo nomorhu,Ala leleng2 mangoli akka oppung nami jala godang sian siappudan,tarsongon au tu abangku siakkangan nga hatinggalan 1 sundut,alana 7 hami bersaudara jala au siappudan.abangku kandung nunga marpahoppu jala sarupa umurna tu anakku.sipata gabe adong rasa segan molo masitandaan dht dongan tubu lbn toruan,sai di rippu ma iba na patua2hon ala ni dok nomor 14 hape molo di huta nami sidikalang godang dope nomor 13 jala oppung borukku mangolu dope nomor 12.
    mauliate,mungkin lain waktu hu baen tarombo sian garis nami,paling tidak boi di bereng be sian sundut dia oppung na be..horas…


Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *
*
*

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: