Salam Perkenalan

Horas… Mejuah-juah

Kami ucapkan selamat datang kepada para pengunjung blogger ini baik yang batak maupun bukan batak.

Weblog ini murni profit. Di sini kita berkenalan dan berkumpul untuk membicarakan Adat Batak Budaya Batak Umpasa Batak Dalihan Na Tolu Tarombo Batak Silsilah Batak Tokoh Batak Legenda Batak bahkan bila perlu Lapo tuak yang paling mantap tuaknya.

Songon hata ni umpasa Batak:
Jolo tinittip sanggar, Umbahen huru-huruan,
Jolo sinungkun marga, Asa binoto partuturan
.

Karena ciri khas kita sebagai orang Batak adalah martarombo. Agar kita tahu partuturan dan lebih mengakrabkan pertemanan diantara kita izinkanlah aku perkenalkan diri. Aku bermarga Tondang yang dilahirkan oleh omak br Turnip, kebetulan diberi nama william. Sehari hari aku menghidupi diri dengan mar-onan.

Hata ni umpasa Batak mandok:
Marhosa-hosa sunting, marsiusungan dompak dolok.
Ala ni lambok ni pakkuling, na holang i gabe jonok.

Umpasa itu kurang lebih berarti “Perkenalan yg akrab dan hangat, dapat membuat hubungan kita menjadi lebih dekat”.

Salam hangat perkenalan dari aku

ps: Jika ada bahan atau tulisan yang ingin anda copy-paste, silahkan diambil tidak perlu sungkan-sungkan. Karena pada dasarnya aku juga banyak menggunakan trik copy-paste untuk melengkapi blog ini. Selain copy-paste, juga berdasarkan kiriman email dari rekan rekan yang menaruh perhatian terhadap segala sesuatu tentang batak. Bila ada tulisan di weblog ini yang menyinggung perasaan seseorang karena tulisannya dikutip,  aku mohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidak-sengajaan dan kekurang hati-hatian ini. Blog ini semata-mata bertujuan untuk melestarikan dan menyebarkan informasi tentang budaya batak. Harap maklum rapolo@ymail.com>

Mauliate … Bujur

14 Comments

  1. ana br silaban
    Posted Agustus 6, 2008 at 4:17 pm | Permalink

    wah asyik jg nih ada blog halakita jd serasa di toba,btw anggotanya koq ga rame yah mgkn kurang promosi kaleee…hehhee horas:)

  2. Posted Agustus 29, 2008 at 11:17 am | Permalink

    Wah, blog ini sangat menarik, banyak tulisan2 tentang ‘Batak & Others’ yang perlu dibaca oleh rekan2 di blog kami ‘agroihutan.woedpress.com’, yang juga banyak menetap diluarnegeri. Oleh sebab itu mohon tidak keberatan ‘rapolo’ blog ini kami cantumkan juga di blogroll kami. Sukses terus dengan informasinya yang semakin seru.
    Horas,
    GFS / PR Agroihutan

  3. emma sihaloho
    Posted Oktober 16, 2008 at 4:34 pm | Permalink

    media ini bagus jg.tp saya koq masih sedikit tentang informasi silsilah sihaloho

  4. ghan silalahi
    Posted Oktober 20, 2008 at 8:15 pm | Permalink

    horas!saya sgt sng ktk tau blog ini yang banyak memuat umpasa batak shg generasi muda skrg ini.sks

  5. ghan silalahi
    Posted Oktober 20, 2008 at 8:19 pm | Permalink

    buat emma.klo pgn tau silsilah sihaloho tanya aza ma gue dijamin asli.he..he..he..BTW tgl dmn?

  6. arsian napitoepoeloe
    Posted November 21, 2008 at 1:43 pm | Permalink

    horasssss……….
    itu saja yang saya tahu kerana saya dilahirkan oleh ibu di Malaysia
    ayah, bwf napitoepoeloe datang ke malaysia sekitar 1940an
    saya amat senang membaca blog ini
    besar kemungkinan saya akan melawat sekali lagi tanah asal saya di balige-tepi danau pabrik kain (dulu) adalah adik saya.
    jumpa lagi…

  7. Posted Februari 3, 2009 at 8:52 am | Permalink

    Horas.
    Wah, keren nih blognya… Tentang Batak semua… Banyak informasi yang kudapat.

    Oya, marga Tondang dengan Matondang beda, ya? Soalnya puang… par ni jabu boru Matondang… 🙂

    horas… aku marga Tondang, tepatnya Purba Tondang. Terima kasih atas kunjungan Bapak ke blog ini.
    Seperti kata Umpasa Batak
    Jolo tiniktik sanggar laho bahenon huru-huruan,
    Jolo sinukkun marga asa binoto partuturan.

    dan untuk menggenapi Falsafah Batak
    Dijolo raja sieahan, dipudi raja sipaimaon
    Hormatan do natua-tua dohot angka raja.

    Sebagai yang lebih muda aku bertanya, aku sepantasnya memanggil apa kepada bapak?

  8. Posted Februari 4, 2009 at 5:37 pm | Permalink

    Berarti beda ya, Tondang dengan Matondang yang Borbor… Enaknya, panggil lae ajalah… Biar enak sambil minum tuak… 😀

  9. R.Siburian
    Posted Februari 18, 2009 at 7:32 pm | Permalink

    horas menjuah juah tu hita saluhutna tolong saya dibimbing mengenai adat batak.

  10. Posted Maret 31, 2009 at 8:02 pm | Permalink

    Diateitupama!Khas Simalungun, yang artinya Mauliate!Maaf Lae, au dang adong dope berkomentar ate! Hanya perkenalan majolo untuk Web on.Saya asli Siantar dan Parnijabu boru Purba sian SimamoraNabolak.Memang mempelajari Adat Budaya Batak pada masa sekarang ini sangatlah diperlukan, dan sayapun ingin belajar baik melalui Web ini.
    Habang raba-raba tubona ni sae-sae, Ulipe hata pintor Ulian do hata Sae, ate lae!

  11. asian napitoepoeloe
    Posted Juli 2, 2009 at 7:47 am | Permalink

    di malaysia ramai orang batak malu mengaku batak dan tidak menggunakan marga seperti saya
    knp batak itu diperlecehkan
    saya tidak tahu sebenarnya knp, sebab saya dilahirkan di malaysia
    sehinggakan saya baca masyarakat Mendailing tidak mengaku batak
    saya pun tidak tahu yang mana betul mendailing itu batak atau pun bukan
    yang saya tahu batak itu seperti manusia lain juga cuma sikap kita sahaja berbeza
    sama ada baik atau buruk
    horas

  12. Charp bolon
    Posted Juli 18, 2009 at 4:37 pm | Permalink

    Horas lae asian na70…..
    Saya salut atas komentar lae di blog ini. Lae…sbnrnya bkn di Malaysia aja org Batak Mandailing spt yg lae katakan. Di Medan aja bnyk org Mandailing yg enggan mengaku batak. Apalg di negeri org spt Malaysia misalnya. Jd gak usah heranlah lae. Di negeri sndiri aja mrk dah malu, apalg di negeri org, mrk pasti ciut iya kan!? Jd lae asian na70, kita sbg org batak yg baik marilah kita ambil hikmah baiknya dari suku batak yg kita anut. Kalau tdk kita batak yg melestarikan suku batak siapa lg! Iya khan!? Saya salut terhdp lae, terutama sama amangboru (mksd saya orgtua lae) ttp menyisipkan marga dibelakang nama lae. Dan harapan saya kelak utk keturunan lae, ttplah marga itu disisipkan dibelakang nama2 anak lae, dan ajarkan adat istiadat batak yg lae ketahui terhdp anak2nya lae! Lae… Sbnrnya org Batak sendiri di BONA PASOGIT, bnyk yg berkeyakinan muslim. Tp setelah keluar dari BONA PASOGIT, bnyk mrk2 menghilangkan identitas leluhurnya. Bagi saya itu adlh tindakan merugikan dirinya sendiri. Krn sbg org batak, bnyk keuntungan yg kita peroleh terhdp keturunan. Salah satu diantaranya, semarga dilarang keras utk melakukan perkawinan (terhindar dari perkawinan sedarah) Horas… Mejuah-juah… Njuah-njuah smoga lae asian na70 jd contoh yg baik di negeri orang mauliate. Lae, kalo pulang kampung, ke BONA PASOGIT jgn lupa singgah ke Medan okey….!?

  13. Posted Oktober 13, 2009 at 4:22 pm | Permalink

    Saya mo belajar soal adat istiadat BATAK,K’rana CALON saya orang BATAK,Heheee…..

  14. Posted Juni 5, 2010 at 12:11 pm | Permalink

    Horas ..! Blog ini bagus juga sebagai bahan referansi sai anggiatma lam tu majuna bangso Batak …HORAS..!!!


Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *
*
*

