Sudi Silalahi

Tangan Kanan Presiden

Nama: Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi
Lahir: Pematang Siantar, 13 Juli 1949
Jabatan: Menteri Negara Sekretaris Kabinet RI
Agama: Islam
Pendidikan: Akabri tahun 1972

Pengalaman kerja:
Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Kabinet Gotong Royong, Oktober 2001-Juli 2004
Pangdam V Brawijaya, Surabaya, 1999
Askomsos Kaster ABRI sejak Oktober 1998
Kepala Staf Kodam Jaya, 1998
Wakil Assospol Kasospol ABRI, 1996-1997

Menteri Negara Sekretaris Kabinet KIB ini disebut banyak orang sebagai tangan kanan Presiden Yudhoyono. Bahkan secara fungsional, pria kelahiran Pematang Siantar, 13 Juli 1949 berpangkat Letnan Jenderal TNI (purn), ini disebut-sebut sebagai orang ketiga pemerintahan SBY. Dia disebut juga dapat berperan menyeimbangkan laju Wapres Jusuf Kalla yang tampak bergerak atraktif.

Saat SBY masih Menko Polkam, Sudi Silalahi sudah mendampinginya sebagai Sekretaris. Saat SBY melakukan ‘uji kelayakan’ kepada para calon menterinya, adalah mantan Kepala Staf Kodam Jaya ini yang dipercaya memanggil untuk datang ke Cikeas, kediaman SBY.

Mantan Askomsos Kaster ABRI (1998), ini juga berperan dalam Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung Presiden SBY dan bertugas menentukan para direksi BUMN dan eselon satu di setiap departemen. Di TPA yang beranggotakan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Meneg BUMN Sugiharto, Meneg PAN Taufik Effendi dan menteri departemen teknis, itu Sudi disebut-sebut sebagai tangan kanan Presiden SBY.

Sumbangsihnya dalam proses persiapan dan pencalonan hingga terpilihnya SBY jadi presiden, juga cukup penting. Dia berperan mendisain penayangan iklan Menko Polkam pada kondisi politik pencalonan presiden sudah mulai meningkat. Iklan itu dinilai pihak megawai dan berbagai pihak sebagai iklan terselubung SBY yang telah lama bersiap-siap jadi calon presiden.

Sudi juga yang pertama kali mengungkap kepada pers bahwa Menko Polkam SBY sudah sering tidak diikutkan dalam Sidang Kabinet bidang Polkam. Hal ini dilontarkan kepada pers sedemikian rupa sehingga seolah-olah SBY sedang berada dalam posisi teraniaya.

Sehingga publik tidak lagi berpikir bahwa Menko Polkam SBY mengkhianati Megawati. Karena, konon, Megawati beberapa kali bertanya, apakah ada anggota kabinetnya yang akan maju mencalonkan diri jadi Capres atau Cawapres? SBY tidak menjawabnya dengan jujur.

Padahal SBY sudah lama mempersiapkan diri jadi calon presiden. Bahkan telah mendirikan Partai Demokrat sebagai kendaraan politiknya.

Dalam kondisi persiapan pencalonan ini, tampaknya Sudi Silalahi sangat berperan strategis. Sehingga popularitas SBY melonjak demikian tajam melampau para pesaingnya, termasuk Megawati.

Maka ketika SBY terpilih jadi presiden, berbagai kalangan telah memperkirakan bahwa mantan Pangdam V Brawijaya, Surabaya, 1999, ini akan berperan besar dalam kabinet. Secara struktural dia memang dipercaya menjabat Menteri Negara Sekretaris Kabinet. Namun secara fungsional, agaknya tak berlebihan bila banyak pihak menyebutnya sebagai orang ketiga dalam pemerintahan Presiden SBY dengan Kabinet Indonesia Bersatunya.

Shock Teraphy

Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi usai menghadiri sidang Kabinet Indonesia Bersatu pertama di Jakarta, Jum’at (21/10/2004), mengatakan pemerintah baru Indonesia berjanji akan melakukan shock teraphy atau semacam kejutan terutama dalam kasus kasus hukum, dalam 100 hari pertama kerja kabinetnya.

Menurutnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah meletakkan dasar dasar atau langkah langkah awal yang dapat dijadikan shock therapy dalam 100 hari pertama kabinetnya.

Iklan

5 Comments

  1. marolop silalahi
    Posted November 3, 2009 at 2:47 pm | Permalink

    mudah-mudahan semua yang direncanakan berjalan dengan lancar dengan harapan bpk sudi silalahi lebih berperan dalam menjalankan rencana tsb.selamat buat bapak sudi silalahi yg telah terpilih menjadi personil kabinet inodeseia bersatu.dan bisa kah saya dapat nomor hp/telp bpk sudi silalahi kalau bisa tolong dong dikabari.terima kasih.

  2. ichan silalahi
    Posted November 4, 2009 at 12:25 am | Permalink

    semoga sukses ya pak silalahi , dan kuharap bapak selalu sehat , pak kalaau boleh tahu bapak silalahi apa ya ?

  3. faqih gunawan
    Posted November 10, 2009 at 11:41 am | Permalink

    Semoga bp sudi beserta klarga sll berada dlm lindungan ALLOH SWT dlm menjalankan tugas dan amanah ini,di beri kekuatan dan kesabaran.amin

  4. Posted Desember 18, 2010 at 12:38 pm | Permalink

    bapak sudi terlalu sudi sama pak SBY

  5. Posted Februari 14, 2012 at 12:55 pm | Permalink

    Sukses slalu Buat Pak Sudi Silalahi, Smoga di dalam menjalan kan tugas nya sesuai dengan peraturan yang berlaku di NKRI. Terimakasih “HORAS”


Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *
*
*

%d blogger menyukai ini: