Sejarah Batak

Versi sejarah mengatakan si Raja Batak dan rombongannya datang dari Thailand, terus ke Semenanjung Malaysia lalu menyeberang ke Sumatera dan menghuni Sianjur Mula Mula, lebih kurang 8 Km arah Barat Pangururan, pinggiran Danau Toba sekarang. Versi lain mengatakan, dari India melalui Barus atau dari Alas Gayo berkelana ke Selatan hingga bermukim di pinggir Danau Toba.

Diperkirakan si Raja Batak hidup sekitar tahun 1200 (awal abad ke-13). Raja Sisingamangaraja XII salah satu keturunan si Raja Batak yang merupakan generasi ke-19 (wafat 1907), maka anaknya bernama si Raja Buntal adalah generasi ke-20. Batu bertulis (prasasti) di Portibi bertahun 1208 yang dibaca Prof. Nilakantisasri (Guru Besar Purbakala dari Madras, India) menjelaskan bahwa pada tahun 1024 kerajaan COLA dari India menyerang SRIWIJAYA yang menyebabkan bermukimnya 1.500 orang TAMIL di Barus. Pada tahun 1275 MOJOPAHIT menyerang Sriwijaya, hingga menguasai daerah Pane, Haru, Padang Lawas. Sekitar rahun 1.400 kerajaan NAKUR berkuasa di sebelah timur Danau Toba, Tanah Karo dan sebagian Aceh.

Dengan memperhatikan tahun tahun dan kejadian di atas diperkirakan :

si Raja Batak adalah seorang aktivis kerajaan dari Timur danau Toba (Simalungun sekarang), dari Selatan danau Toba (Portibi) atau dari Barat danau Toba (Barus) yang mengungsi ke pedalaman, akibat terjadi konflik dengan orang orang Tamil di Barus.

Akibat serangan Mojopahit ke Sriwijaya, si Raja Batak yang ketika itu pejabat Sriwijaya yang ditempatkan di Portibi, Padang Lawas dan sebelah timur Danau Toba (Simalungun)

Sebutan Raja kepada si Raja Batak diberikan oleh keturunannya karena penghormatan, bukan karena rakyat menghamba kepadanya. Demikian halnya keturunan si Raja Batak seperti Si Raja Lontung, Si Raja Borbor, Si Raja Oloan dsb, meskipun tidak memiliki wilayah kerajaan dan rakyat yang diperintah. Selanjutnya menurut buku TAROMBO BORBOR MARSADA anak si Raja Batak ada 3 (tiga) orang yaitu :

– GURU TETEABULAN- RAJA ISUMBAON dan- TOGA LAUT.

Dari ketiga orang inilah dipercaya terbentuknya Marga Marga Batak.

Sumber : disarikan dari buku “LELUHUR MARGA MARGA BATAK, DALAM SEJARAH SILSILAH DAN LEGENDA” cet. ke-2 (1997) oleh Drs Richard Sinaga, Penerbit Dian Utama, Jakarta.

Iklan

11 Comments

  1. Rianto Siburian
    Posted Mei 23, 2008 at 11:34 am | Permalink

    saya merupakan marga siburian yang tinggal di kalimantan dan kurang memahami sejarah marga siburian jadi asaya minta agar silsilah lengakp siburian dibuat donk karena semua web saya buka isinya slalu mengatakan artikel siburian belu

  2. Nurbaida Ritonga
    Posted September 5, 2008 at 12:18 pm | Permalink

    Saya Ida boru Ritonga lahir di Tapanuli Selatan, orang tua saya bilang marga Ritonga adalah Pinompar ni Si Raja Lontung saya kurang tau sejarah marga Ritonga, jadi tolong dimuat juga sejarah marga Ritonga ya… karena saya juga pengen tau asal usul marga saya. terima kasih

  3. JEVRICO
    Posted Januari 9, 2009 at 5:15 pm | Permalink

    Shalom
    saya punya web,tapi nggak tahu gimana cara ngisi webnya?,tolong ya tulang !

  4. Posted Januari 9, 2009 at 10:20 pm | Permalink

    to JEVRICO: mana alamat webnya? biar kita coba

  5. Posted Maret 18, 2009 at 10:40 pm | Permalink

    ini web nya tulang jevrico.web.ugm.ac.id

  6. Posted April 30, 2009 at 11:24 am | Permalink

    Hata i na mandok sirara batak adalah na turun sian ginjang ni ginjangan, sian langit ni langitan, sian hotang marsissak, sian bintang manjorbut, tu sianjur mula-mula tu sianjur mula toppa, mula ni jolma tubu, parseharahan ni jolma, sian i ma marserap tu Desa na walu, mulai sian habissaran sahat tu hasuddutan, sian anggoni sahat tu dangsina. Ido molo na huboto da.
    mauliate jala horas.

  7. Friska Siburian
    Posted Juni 29, 2010 at 4:57 pm | Permalink

    Saya mau nanya sebenarnya siburian itu terbagi berapa?? dan padan siburian marga apa,, soalnya saya kurang tau soal tarombo,

  8. Don Salvador Sitio
    Posted Oktober 24, 2010 at 7:51 pm | Permalink

    Silsilahnya Siraja Batak masih kurang lengkap..karna keturunan dari Si Toga Laut ga dibeberkan.

  9. aston siburian
    Posted November 4, 2011 at 10:11 am | Permalink

    horas marga simatupan siburian sedunia………..saya mita tolong kepada sudara saya yang mengetahui sisilah marga simatupang siburian dan berapa jenis marga siburian

  10. amir ritonga
    Posted Desember 8, 2013 at 11:43 am | Permalink

    q ritonga keturunan yg ke 16

  11. Faisal Bin Manap
    Posted Oktober 27, 2014 at 10:59 pm | Permalink

    Horas…Bangso BATAK,Barita sian sikkola gerep. Untuk pengetahuan kita semua BANGSO BATAK,OPPUTTA SI RAJA BATAK,bukan datang dari Thailand atau dari semenanjung Malaysia. Kalau kita mau mengetahui, siapa si RAJA BATAK yang sebenarnya,kita harus lebih dulu mempelajari ke ujutan. Di dalam ke ujutan, ada tiga kelahiran,yang pertama kelahiran NABI ADAM,yang kedua kelahiran NABI ISA,yang ketiga kelahiran NABI MUHAMAD. Molo di HABATAHAN,parjolo ma OPPUTTA SI RAJA BATAK,paduahon ma OPPUTTA SI RAJA UTI,na patoluhon ma OPPUTTA SI SINGA MANGARAJA. Molo di habatahon onma nanigoaranna,si tolu HARAJAON,SI TOLU SADA PANDOHAN. Ala ni onma asa di bahen OPPUTTA di hita HARAJAON NI dalihan na TOLU,asa toktong do hita MARSADA ROHA DI PAR NGOLUAN TA DI PORTIBION. TA RIMANG-RIMANGI MA JALA TA PAHUSOR-HUSOR DI BAGASAN ROHANTABE.
    Supaya kita lebih mengetahu tentang BATAK,sebelum ada MARGA BATAK,DAN ADAT BATAK,SUDAH ADA HABATAHON. HORAS…MA DIHITA BANGSO BATAK.


One Trackback/Pingback

  1. […] Sumber […]

Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *
*
*

%d blogger menyukai ini: