Parna (Pomparan ni si Raja Naiambaton)

Pomparan ni si Raja Naiambaton biasa disingkat menjadi PARNA, yaitu marga-marga yang dipercayai sebagai keturunan dari Raja Naiambaton yang karenanya tidak boleh menikah satu dengan yang lainnya. Hal ini dipertegas dalam tulisan-tulisan pustaha Batak yang berbunyi “Pomparan ni si Raja Naiambaton sisada anak sisada boru” dalam bahasa Batak Toba, yang dapat diartikan dengan ”Keturunan Raja Naiambaton adalah sama-sama pemilik putra dan putri,” yang dalam arti lebih luas lagi dapat diartikan bahwa ”Putra-putri keturunan marga-marga Naiambaton tidak boleh menikah satu sama lain.”

Raja NaiambatonSatu tulisan menyatakan bahwa Raja Naiambaton merupakan keturunan keenam dari Raja Batak, seperti berikut: Raja Batak memperanakkan Guru Tateabulan, memperanakkan Raja Isumbaon, memperanakkan Tuan Sorimangaraja, memperanakkan Raja Asiasi, memperanakkan Sangkaisomalindang, dan memperanakkan Raja Naiambaton

Marga-marga Parna

Terdapat perbedaan pada jumlah marga yang masuk dalam kelompok Parna ini, hal ini disebabkan karena adat kebudayaan Batak yang dapat menggunakan marga leluhur, percabangan marga kakek, ayah, atau bahkan percabangan marga baru. Tetapi walau berbeda marga, semuanya mengaku dipersatukan oleh ucapan di atas (“Pomparan ni si Raja Naiambaton sisada anak sisada boru”).

Adapun marga-marga batak yang termasuk dalam Pomparan Ni Raja Nai Ambaton (PARNA) yaitu:

1. Bancin ( sigalingging )

2. Banurea ( sigalingging )

3. Boangmenalu ( sigalingging)

4. Brampu ( sigalingging )

5. Brasa ( sigalingging )

6. Bringin ( sigalingging )

7. Dalimunthe

8. Gajah ( sigalingging )

9. Garingging ( sigalingging )

10. Ginting Baho

11. Ginting Beras

12. Ginting Capa

13. Ginting Guruputih

14. Ginting Jadibata

15. Ginting jawak

16. Ginting manik

17. Ginting Munthe

18. Ginting Pase

19. Ginting Sinisuka

20. Ginting Sugihen

21. Ginting Tumangger

22. Haro

23. Kombih (sigalingging )

24. Maharaja

25. Manik Kecupak (sigalingging)

26. Munte

27. Nadeak

28. Nahampun

29. Napitu

30. Pasi

31. Pinayungan (sigalingging ? )

32. Rumahorbo

33. Saing

34. Saraan (sigalingging )

35. Saragih Dajawak

36. Saragih Damunte

37. Saragih Dasalak

38. Saragih Sumbayak

39. Saragih Siadari

40. Siallagan

41. Siambaton

42. Sidabalok

43. Sidabungke

44. Sidabutar

45. Saragih Sidauruk

46. Saragih Garingging

47. Saragih Sijabat

48. Simalango

49. Simanihuruk

50. Simarmata

51. Simbolon Altong

52. Simbolon Hapotan

53. Simbolon Pande

54. Simbolon Panihai

55. Simbolon Suhut Nihuta

56. Simbolon Tuan

57. Sitanggang Bau

58. Sitanggang Gusar

59. Sitanggang Lipan

60. Sitanggang Silo

61. Sitanggang Upar Par Rangin Na 8 ( sigalingging )

62. Sitio

63. Tamba

64. Tinambunan

65. Tumanggor

66. Turnip

67. Turuten

Sumber: Berbagai sumber

About these ads

138 Comments

  1. Yenni Sigalingging
    Posted Desember 17, 2007 at 5:54 pm | Permalink

    mauliate godang ya buat penulis. Sekarang Saya sudah tahu daftar marga-marga yang tergabung dalam PARNA.

    Sebelumnya saya hanya tahu beberapa marga yang tergabung dalam PARNA, tetapi sekarang saya sudah tahu.

    SUKSES terus ya buat penulis.

    Yesus Memberkati.

    Salam

    Yenni LS

  2. firton freddy sidabu
    Posted Januari 9, 2008 at 11:55 pm | Permalink

    HORAS BAH!!!!!!!!!!!!!!!!
    SALAM SEJAHTERA
    PUJI SYUKUR ATAS ADANYA MARGA2 YANG DTULIS PENULIS SEHINGGA AQ MAKIN TAU AJA SIAPA AJA SATU MARGAKU DAN URUTAN KEBERAPA MARGAKU
    SEMOGA PARNA MAKIN MAJU AJA BAIK SECARA MATERI MAU PUN SPIRITUAL
    HAVE A NICE DAY
    HORAS
    AMEN

  3. carter sitanggang
    Posted Januari 14, 2008 at 1:00 pm | Permalink

    horas ma di hita sude poparan ni raja naiambaton. sai marsiamin-aminan jala marsitogu-toguan ma di hita saluhut na.

    horas unang lupa hita na angka perantau mulak tu bonapasogit.

  4. *ARNI
    Posted Januari 19, 2008 at 9:41 pm | Permalink

    horas….makasih atas tulisan marga2nya. dengan demikian saya makin tau mana aja yang masuk dengan marga PARNA.

  5. *ARNI R SIGALINGGING
    Posted Januari 19, 2008 at 9:46 pm | Permalink

    HORAS…Syalom buat kita semua terutama marga PARNA di seluruh indonesia. Semoga PARNA makin jaya dan sukses di hari yang akan datang. Tuhan Jesus memberkati kita. Amin. Horas….Bah.

  6. roy h SIMARMATA
    Posted Februari 19, 2008 at 1:52 pm | Permalink

    HORAS………
    TRIMAKASIH BUAT PENULIS
    SAONARI NUNGA HUBOTO AKKA MARGA PARNA
    MAULIATE MA TU OPPUNG, AMANG TUA, AMANG UDA, MANANG APPARA NA MAMBAHEN ON
    TUHAN YESUS MEMBERKATI
    AMEN

  7. Esbin Simbolon
    Posted Maret 14, 2008 at 6:37 am | Permalink

    Mauliate godang tusude pihak namapublikasihon marga2 parna.Marhite sian i gabe binoto piga manang akka isi dongan samargaku.Molo boi nian,boha molo dibahen urutan ni marga i na sian ginjang sahat urutan paling toru,asa taboto ise amang tua dht ise udatta.

  8. Bobson S. Simbolon
    Posted Maret 18, 2008 at 5:25 am | Permalink

    Horas ma jolo hu pasahat tu hita saluhutna akka na singgah di blok on. jai, satabi ma tu penulis jala tong do au mandok mauliate tu penulis alana nga rade laho paturi-turi hon akka marga ni PARNA, nian na manambai do au nuang dison, ima adong do pe nahurang di tarombo i, ai simbolon pitu doi, ima simbolon, Tuan, Altong, Pande, Juara Bulan, Hapotan, Rimbang, Suhut ni Huta. jadi na hujaha do di taromboi dang tar surat simbolon Rimbang.
    ia anggo Op. Raja Nai Ambaton namar goar mai Tuan Sorba di Julu, ido ianggo panggoaran ni Oppu ta i, na manubuhon ima Nai Ambaton Ripe ni Op. Raja Isumbaon na paduahon. jadi, na mamboatton goarni ina na do attong Oppu ta i, ido ase Raja Nai Ambaton di dok Oppu ta i.
    Sarupa ma i dohot Nai Rasaon, ai Nai Rasaon do ripe ni Op. Raja Isumbaon na parjolo.
    so ni ma jolo sian nau na boi hu tambai, ya manang na sala pe na hu tambai on, rade ma tong rohatta sude laho padenggan ton. Mauliate

  9. daniel bancin
    Posted Maret 28, 2008 at 5:12 pm | Permalink

    sebenarnya berapa pastinya jumlah marga parna, dari hasil googling saya beberapa web. memuat ada 66, 77 dan yang ini 67. walaupun demikian terima kasih buat penulis.

  10. Juanry Sigalingging
    Posted April 2, 2008 at 1:55 pm | Permalink

    Horas semua………
    kami dari majalah Tapian Budaya Batak mau mengajak Bapa Tua atau Ina nguda untuk bekerja sama atau berlangganan dimajalah kami
    Demikianlah surat penawaran ini saya sampai kan kepada bapak tua ataupun saudara semuanya Terima kasih

    Hormat saya

    Juanry Sigalingging

  11. Franky Bancin
    Posted April 3, 2008 at 9:01 am | Permalink

    good…..!!!!
    saya dapat mengetahui marga marga yang termasuk dalam PARNA. dan saran saya, bagaimana jika dibuat secara terperinci dari yang lebih tua dan pembagian2 marga tersebut. terimakasih. JELOY

  12. Irfan
    Posted April 8, 2008 at 11:56 am | Permalink

    Horas sude tu parudaon, partulangon…

    Manjadi suati kebanggaan bagi hita sian batak masih adong dope namamboto silsilah raja batk.
    terus terang hami sian tapanuli selatan madung bahat do nasumangarti tentang budaya, silsilah batak harana hami mulai malupahon adat istiadat tai.malah kami natinggal di labuhan batu terutama untuk bahasa batak pe madung bahat do nasumamahami na.

    untuk parabangon nami namamboto sejarah batak mohon manjelaskon tuhami tentang asal muasal raja batak i, sekalian sitambok raja batak i.

    sebelum na tarimokasih tu parabangon nami.

    Irfan HAsibuan
    irfan_hdy@yahoo.co.is

  13. Posted April 27, 2008 at 7:56 pm | Permalink

    @Irfan: makasih atas kunjungan lae ke blog ini. ttg asal muasal batak coba lae klik di http://rapolo.wordpress.com/category/sejarah-batak/raja-batak/ atau http://rapolo.wordpress.com/category/sejarah-batak/ juga http://rapolo.wordpress.com/category/sejarah-batak/

  14. Posted April 27, 2008 at 8:04 pm | Permalink

    @Juanry Sigalingging: Tolong lae jelaskan cara caranya

    @daniel bancin: makasih kembali. sementara data yang ada di kami seperti tulisan yg diatas

    @ARNI: horas dan makasih kembali

    @Bobson S. Simbolon: mauliate atas ralatnya tulang

    @roy h SIMARMATA: mauliate

  15. jonni tinambunan
    Posted Mei 6, 2008 at 9:50 am | Permalink

    Koreksi :
    Tinambunan, Tumanggor, Maharadja, Pinayungan, Turutan dan Nahampun adalah keturunan Simbolon Tua (Tuan Nahoda Radja) yang disebut SIONOM HUDON). Trims atas dimuatnya marga-marga PARNA.

  16. Eka Banureah
    Posted Mei 10, 2008 at 3:52 pm | Permalink

    Makasih ya buat marga-marga yang dibuat oleh penulis. Senang deh???
    Karena selama ini ada yang meragukan bahwa Banureah itu ga masuk parna. Akhirnya terjawab juga….Thanks..
    Tuhan Yesus menyertai kita semua…………….

    ** makasih atas kunjungan lae, semoga artikel ini benar benar bermanfaat

  17. Imanuel Boangmanalu
    Posted Mei 22, 2008 at 1:19 pm | Permalink

    Horas buat kita semua.Terimakasih dgn adanya situs ini kita boleh saling dapat masukan satu sama lain.Perlu diketahui bahwa keluarga saya di medan,di jakarta dan yg di salak (kampung halaman)mengatakan kalo kita tidak masuk parna.Dan saya sudah membaca buku asal usul marga boangmanalu,dimana mmg boangmanalu adalah keturunan Raja sigalingging dari satu2nya anak perempuannya yaitu permesawari.Disini sdh jelas bahwa sigalingging/parna adalah hula2/tulang boangmanalu.Jdi,boangmanalu mmg bukan parna.Perlu diketahu jg klo abang,bpk tua/uda dan kakak saya sdh byk yg menikah dgn marga sitanggang,sidabutar.Klo mmg boangmanalu adalah parna…Kacau doooong???!!!masa sesama parna marsibuatan?Mohon tanggapannya dan sebelumnya saya ucapkan byk terimakasih.

  18. NOPEN SITANGGANG
    Posted Mei 23, 2008 at 1:25 pm | Permalink

    HORAS…!!!!1
    SMOGA PARNA MAKIN JAYA SLALU,TP AQ MW TW SITANGGANG UPAR NA.8 ITU,APA APA Z MARGA NYA LAGI…..
    THAX

    MOLO NAHEA HUBEGE SIMBOLON DO NAMAR SADA BARU SIANGGANG, NA IDIA DO NA SITOHONA…….
    HORAS,,,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!1

  19. Posted Mei 26, 2008 at 6:04 pm | Permalink

    Kami dari Marga Berasa, salah satu Keturunan Mpu Bada mencoba bertanya “Apakah memang si Onom Hudon adalah dari keturunan Tumanggor,Nahampun dsb ?”Karena hingga saat ini masih ada salah seorang lagi dari keturunan mereka yaitu simbuyak-buyak yang pergi keseberangan lautan dan hingga saat ini belum diketahui apakah keturunannya masih ada atau tidak.Si Onom Hudon sangat berkaitan erat dengan sejarah marga Barasa yang masa itu dilarikan namborunya hingga ke Singkil. Terima kasih……

  20. Ir.Sahat Sidauruk,MT
    Posted Mei 31, 2008 at 6:19 pm | Permalink

    Sosialisasi mengenai adat istiadat batak sangat amat berguna untuk diketahui dan dikenal generasi yang akan datang, dan Batak merupakan suku yang istimewa di dunia.

  21. Posted Juni 2, 2008 at 11:18 am | Permalink

    Menanggapi pertanyaan Sdr. Nopen Sitanggang, adalah benar bhw Simbolon adalah marga tertua dari Parna dan bukan Sitanggang, sebagaimana yg sring cb dikaburkan oleh Sitanggang.
    Adapun Sitanggang, banyk prtnyaan apkh Sitanggang masuk k dalam Parna, apkh ia masuk k dlam klan marga mana (Saragi kah, Munte kah, ataupun Tamba kah).
    Demikian keterangan nya, smg brguna.

  22. magda
    Posted Juni 16, 2008 at 3:58 pm | Permalink

    parna…….
    aku boru parna, satu sisi aku sangat senang mengetahui begitu banyak marga yang masuk marga parna namun saat aku menyukai seseorang dan ternyata semargaku aku sangat terpukul. aku ingin bertanya “apakah ada kemungkinan marga parna yang dapat saling menikah dengan marga parna. mungkin ga perubahan sosial itu dapat terjadi. maaf kalau ceritaku memalukan marga parna namun aku ingin tahu jawabannya. GBU

    rap olo: Maaf ito… bukan mau menasehatin. Aku hanya ingin mengatakan, selain ito mungkin ada beribu ribu cewe boru parna yang pernah mengalami kegelisahan seperti ini. Yakinlah… seperti boru Parna yang lain, ito akan bisa melalui kegelisahan ini. Ini merupakan bagian dari pendewasaan diri. Untuk kemungkinan yang itu ungkapkan, sepertinya hal itu sulit terjadi dan andai terjadipun pasti akan sulit di terima oleh keluarga besar ito. Ito pasti akan menghadapi tantangan karena menikah dengan semarga adalah PANTANG. Kalau tidak salah hal seperti ini pernah terjadi diantara sesama parna (marga Dabukke). Bagi sebagian Parna mereka telah di keluarkan dari Parna. Tapi mereka tetap Batak kok. Kuharap ito bisa menyikapi hal ini dengan bijak. GBU & JLU

  23. Posted Juni 17, 2008 at 9:58 am | Permalink

    Saya mengharapkan marga-marga Pomparan ni si Raja Naiambaton harus eksis dan tampil di berbagai moment dan jabatan penting sebagai penentu arah kebijakan di Republik Indonesia ini dan belahan dunia. Tuhan Selalu Menyertai Keluarga Besar Parna dimana pun berada.

    superbsub: horas ito… harapan ito juga harapan kami. makasih udah mampir di blog ini

  24. chris manurung
    Posted Juni 25, 2008 at 1:34 am | Permalink

    horas!memang harus diakui bahwa kelompok marga parna adalah kelompok marga terbanyak di masyarakat batak toba.saya ingin menanggapi pendapat lae imanuel boangmanalu,yang menurut saya ada sesuatu yang harus diluruskan alias koreksi dalam hal penulisan silsilah(tarombo).saya melihat adanya klaim2 dari pihak”batak toba” dalam hal ini kelompok parna yang mencantumkan marga2 yang ada di pakpak atau dairi kedalam tarombo dari raja nai ambaton.saya tidak bermaksud unutk mengaburkan sejarah perjalanan marga2 yang ada di tanah “batak”.pendapat dari lae boangmanalu,saya yakini cukup mwakili mayoritas masyarakat dairi.mereka memang adalah salah satu kerabat terdekat masyarakat toba,dan memiliki kemiripan dalam banyak aspek budaya dan kehidupan sosialnya.seperti juga masyarakat simalungun,angkola,mandailing,karo,alas dan gayo.saya yakin marga seperti boangmanalu,banuarea,tumanggor dll(yang ada di dairi)adalah marga asli yang berasal dari orang2 dairi sendiri bukan dari orang2 toba yang merantau kesana ratusan tahun yang lampau.kita juga harus ingat bahwa masyarakat dairi mengaku mereka bukanlah turunan siraja batak,nenek moyang pertama orang “batak”.mpu bada adalah nama yang diberikan orang2 dairi untuk leluhur pertama mereka tersebut.masyarakat toba adalah satu2nya yang masih memakai istilah “batak”untuk menyebut diri mereka.hal ini sangat bertolak belakang dengan tetangga2 mereka yang memilih untuk menamai puak2nya sendiri dengan menolak terminologi “batak” tsb.memang banyak buku sejarah,tarombo ataupun turi2an yang memasukan marga2 asli dairi tsb sebagai bagian dari marga2 yang ada di toba.kalau kita mau cermati sejarah perjalanan marga2 rumpun “batak” ada bagian2 yang menceritakan perjalanan tokoh2 leluhur kita berkelana untuk mendapatkan kehidupan lebih baik di perantauan.banyak motif yang mendorong ompung2 kita tersebut.diperantauan mereka bertemu penduduk lokal.banyak kisah yang menyaksikan bahwa ompung2 kita tersebut diterima dengan baik,menikah dengan perempuan setempat,mewarisi milik dari mertuanya(hula2),membuka perkampungan baru,bahkan ada yang diangkat sebagai pemimipin dan mengikrarkan persaudaraan(dongan sabutuha)dengan tokoh2 setempat.tentu saja semua itu membutuhkan semangat,tekad keras,kecerdikan,usaha dan doa.disini saya mencoba untuk memberikan perspektif lain dalam memandang sejarah perjalanan marga2 yang melintasi tapal batas pemukiman seluruh puak”batak”.kita melihat timbulnya marga2 baru yang mungkin diakibatkan oleh sebab2 yang dipaparkan sebelumnya.lalu dalam perjalanan sejarah marga2 tsb terjadi pengklaiman sepihak yang tentu saja berasal dari masyarakat toba terhadap tetangga2nya.inilah sebabnya mengapa “saudara2″ serumpun tersebut menolak dikatakan sebagai bagian atau berasal dari toba.mari kita menghargai klaim2 sejarah mereka sendiri dan mencoba mengkoreksi kekeliruan2 yang diakibatkan “penempelan”marga2 mereka (pakpak)kedalam pohon tarombo marga2 di toba.saran saya untuk kita semua,..mari kita duduk bersama,dan dengan hati terbuka pikiran yang jernih membicarakan hal ini dengan mempertimbangkan bahwasanya kita ini(toba,angkola,mandailing,simalungun,pakpak&karo)adalah serumpun dan memiliki banyak sekali kemiripan dalam berbagai aspek kehidupan sosial dan budaya.namun kita juga juga harus menyadari bahwa perjalanan sejarah kita masing2 pula yang memunculkan perbedaan2 yang menuju pada pembentukan identitas atau ciri khas masing2 puak yang serumpun tersebut.akhir kata saya mengucapkan mauliate ala boi ahu berpartisipasi…and molo adong nanaeng mangalehon saran manang kritik,silahkan!horas!

  25. Imelda Sitanggang
    Posted Juli 17, 2008 at 9:40 am | Permalink

    Wadoh.. baru tau kalo ada juga arisan marga parna di jagat raya ini. PROFICIAT yaaa….!! Itoku memang jago-jago sude bah… Kmaren saya mau cari temen-temen yang tergabung dalam kelompok marga parna. Soalnya kalo kenalan, banyak banget ito niba. Asik sih, bisa langsung deket en diperhatiin. Soalnya, dari dulu-dulu, katanya marga parna itu sayang banget sama borunya or itonya. Semoga dengan ada blog ini, persaudaraan kita lam jonok da…
    Horas, Imel- Siantar.

  26. jefria.y sitanggang
    Posted Agustus 3, 2008 at 5:07 pm | Permalink

    syalom semoga sukses untuk narna se indonesia
    amin

  27. Roy Munthe
    Posted September 4, 2008 at 8:04 pm | Permalink

    Parna is the best dan selalu taat terhadap aturan yang berlaku

  28. Roy Munthe
    Posted September 4, 2008 at 8:06 pm | Permalink

    Parna memang is the best dan selalu taat terhadap aturan yang berlaku
    mauliate godang bah tu akka Pomparan marga parna dan hami sude bangga

  29. jujur
    Posted September 8, 2008 at 7:08 pm | Permalink

    maaf…….. aku boru parna, yang sangat mendukung kekerabatan parna yang begitu dekat, ya mudah-mudahan bukan hanya sebatas kekerabatan parna tapi saling merasakan keadaan yang semarga kita. begini, waktu saya berkunjung kedaerah sidikalang, maaf saya tidak bisa sebut daerahnya. saya memperkenalkan diri dan sebut marga. saya katakan saya boru sidabutar terus mereka menanyakan saya masuk kemarga apa? lalu saya jawab PARNA namun anehnya malah mereka bilang masuk marga silalahi bukan parna, saya mencoba menjelaskan mungkin marga yang mereka maksud sinabutar. mereka terus membantah. dan lucu nya lagi ada di sana sidabutar juga yang mengatakan dirinya bukan parna. saya jadi bingung sendiri. makanya saya britahukan pada semua pembaca tolong dong bantu saya supaya mereka yakin kalau sidabutar adalah PARNA atau sidabutar itu 2. lalu di tempat saya tinggal ada sepasang suami istri yang satu marga, sama-sama marga parna, kakak itu sedang hamil tua namun karna adat akhirnya mereka dipisah…apakah hal itu wajar dilakukan? seperti tidak manusiawi sekali, memang mereka salah tapi apakah diwajibkan mereka pisah, ada tidak cara yang lebih manusiawi lagi? aku juga pernah liat gara-gara satu marga dan mereka di asingkan lingkungan, kemudian akhirnya mereka pergi dari lingkungan mereka. bahkan ada yang sampai membuang anak mereka?. Aku senang di semua marga hanya marga PARNA yang sangat kuat sekali adatnya. namun kadang kalau dipikirkan perasaan suka, cinta itu siapa yang ijinkan dirasakan manusia? terus apakah kalau orang yang salah harus terus kita persalahkan, mereka juga sangat sulit menerima itu semua. ada ga cara lain yang tidak menyakitkan. ini seperti hukuman, dan hukuman ini lebih berat dari hukuman mati sebenarnya, ditolak keluarga dan lingkungan?. maaf… sekali lagi saya minta maaf karna saya hanya mengandalkan hati dan perasaan saya mungkin untuk memutuskan hal seperti itu tidak boleh menggunakan hati ya… yang penting adat harus terlaksana. makanya saya terus berpikir apakah marga saya ini sangat kejam atau memang ya memang itulah kenyataannya. tolong bantu saya menemukan jawabannya. GBU

  30. lena
    Posted September 8, 2008 at 7:22 pm | Permalink

    saya boru parna yaitu sidabutar, saya pernah berkunjung kesuatu daerah disidikalang, waktu perkenalan dengan orang disana, saya sebut marga saya, dan mereka membantah itu masuk marga parna kata mereka itu silalahi, lalu saya mencoba menjelaskan mungkin maksud mereka itu marga sinabutar. tapi mereka membantah dan lucunya masa ada sidabutar disana mengaku bahwa memang mereka bukan parna. lalu disuatu tempat aku mengetahui ada semarga menikah dan istrinya hamil tua namun mereka dipisahkan, ada lagi sampai diusir dari lingkungan mereka. ada lagi mereka harus membuang anak mereka. memang mereka salah tapi apakah tidak ada maaf dan apakah memang harus itu hukuman mereka. aku kadang tidak sanggup melihat hal itu, ya memang sih kalau tidak mau seperti itu ya patuhi adat tapi kalau perasaan itu muncul apakah dibuat-buat, dan siapa yang ijinin itu dimiliki manusia? apakah tidak ada jalan terbaik lagi soalnya itu kan sudah anak kita salah kita usir lagi bahkan tidak kita akui anak. aku ingat pelajaran rohaniku, disana aku dapat pelajaran kalau anak salah bukan hubungan mereka yang putus tapi persekutuan mereka yang rusak. tapi kalau kita ya komunikasi putus, hubungan juga. gimana itu? apakah ga ada jalan keluar lain…? GBU

  31. JUARA BULAN
    Posted September 10, 2008 at 4:38 pm | Permalink

    HORAS BAH,
    SENGAJA SAYA BUAT NAMA SAYA JUARA BULAN KARENA SAYA SANGAT SENANG DENGAN NAMA ITU.
    SAYA JUGA TERMASUK SERING BERTANYA MENGENAI PARNA INI, MUNGKIN KARENA TERLALU BANYAK… TAPI KITA HARUS TETAP MELESTARIKAN BUDAYA INI

  32. Ronald M Siambaton
    Posted September 20, 2008 at 6:48 pm | Permalink

    HORAS,,,,tu panurat,,,sai anggiat ma on boi gabe parsiajaran nami akka naposo,,,molo boi ditabbai ma sejarah singkat ni RAJA NAI AMBATON,,,(turi-turian,dht na asing),,,MAULIATE

  33. mel
    Posted September 23, 2008 at 12:43 pm | Permalink

    64. Tinambunan , baru dengar bahwa ini termasuk parna. Sedikit terkejut sih, soalnya pernah hampir mau berteman spesial dg sitinambunan. (bukannya sama dengan tambunan)

  34. Posted September 29, 2008 at 2:54 pm | Permalink

    Aq sangat senang dilahirkan jadi boru parna…punya ito yang baek.g tahu knapa co aq jumpa/knalan ma marga/boru parna serasa dekat b”get kayak da knal lama gt.aq slalu berdoa agar parna smakin jaya.thanks buat penulis.aq msh pengen tahu banyak ttg PARNA.u.pokoke marga parna adl marga yang paling hebat.

  35. Posted September 29, 2008 at 3:05 pm | Permalink

    horas tu panurat.mauliate godang abang.nga gabe godang huboto mengenai marga parna.sukses selalu buat PARNA.

  36. Posted Oktober 25, 2008 at 9:31 pm | Permalink

    aku mo nanya ni ama semua apara maupun ito2 aku. boang manalu masuk parna atau tidak.terimakasih.

  37. Posted Oktober 26, 2008 at 9:20 pm | Permalink

    AKU BINGUNG NI AMPARA,AKU MARGA DABUTAR TAPI MEMPUNYAI PACAR MARGA BOANG MANALU.AKU SANGAT MENCINTAINYA TETAPI KAMI KAN SATU KUMPULAN.APAKAH AKU BISA MENYUKAINYA. SATU SISI AKU BERFIKIR BAHWA BOANG MANALU BUKANLAH MARGA PARNA. COBA JELASKAN LAH DULU AMPARA YA TOLONG.DEMI APARA YA.SEMOGA TUHAN MEMBERKATI MU.AMIN.

  38. Rosel Turnip
    Posted Oktober 28, 2008 at 4:35 pm | Permalink

    Akhirnya dapat juga ne marga yang paling rame.Tks ya buat penulis, jadi tau dah………..

    Salam parna….

  39. Posted November 19, 2008 at 1:50 pm | Permalink

    HALLLLLLLLOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO AKKA LAE KU SEMUAAAAAAAAAAA, LEH NANYA KAN BOANG MANALU MASUK PARNA ATO GA

  40. hardi munthe
    Posted Desember 1, 2008 at 4:44 pm | Permalink

    blog ini sangat bagus untuk memperkaya dan mempertajam wawasan kita Parna. Diskusi penggalian tentang ke Parna an harus terus dilakukan untuk semakin menyakinkan kita bahwa parna Si sada anak si sada boro, tung naso boi marsibuatan..

    horas,

    Hardi munthe

  41. hardi munthe
    Posted Desember 1, 2008 at 4:45 pm | Permalink

    blog ini sangat bagus untuk memperkaya dan mempertajam wawasan kita Parna. Diskusi penggalian tentang ke Parna an harus terus dilakukan untuk semakin menyakinkan kita bahwa parna Si sada anak si sada boru, tung naso boi marsibuatan..

    horas,

    Hardi munthe

  42. Posted Desember 2, 2008 at 7:04 pm | Permalink

    Horas di hita saluhutna!!

    PARNA…Maju terus!

  43. Posted Desember 15, 2008 at 12:11 pm | Permalink

    HORAS……………….
    MAJU TRUS PARNA…….
    Songon dia do lagu mars parna?
    sadia do natoho marga parna ?

  44. Posted Desember 28, 2008 at 10:29 pm | Permalink

    syalom…
    salam sejahterah
    HORASS………
    NJUAH-NJUAH
    mauliate dengan adanya tulisan marga2 dalam lingkup parna jadi saya skrg jd tau marga2 dlm parna karena selama ini cuman marga yg besar z sy tau
    thanks
    sukses selalu
    GBU

    coba lae baca tulisan Aku BATAK

  45. Dewanto
    Posted Januari 12, 2009 at 3:29 pm | Permalink

    Horas… pomparan ni raja naiambaton.Makasi buat pencerahanny..
    mungkin cuma koreksi aja kalo Sitanggang Upar Par Rangin Na 8 ( sigalingging ) itu sumbernya dari mana? setau saya sitanggang upar bukan bagian dari sigalingging itu yg sy dengar dr oppung sy.slny tugunya aja beda..mauliate

    makasih atas masukannya katua

  46. Posted Januari 14, 2009 at 1:13 pm | Permalink

    Horas ma dihita saluhutna…………
    jala Tuhantama namandongani hita.
    Horas dihita sude parna.

    Ramba naposo ma nasotubuan lata
    jala au namposo naso umbotohata dope.
    molo tarsongon marga sijabat termasuk parna. alai dang dapothu songondia perjalanan terjadi marga sijabat.

    ada halak naso umboto tarombona alana dang di pelajari. au naeng marsiajar mauliater.

    coba lae baca tulisan Aku BATAK

  47. Mida Simbolon
    Posted Januari 28, 2009 at 12:35 pm | Permalink

    beberapa waktu lalu aq ngebaca komentar marga lain tentang parna, kenapa parna ga bisa marsibuatan sementara parna banyak…. dan disitu ada tanggapan yg mengatakan anak2 adam aja saling mangawini….

    menurutku jawabannya kukutip dari tulisan diatas ya ito: Hal ini dipertegas dalam tulisan-tulisan pustaha Batak yang berbunyi “Pomparan ni si Raja Naiambaton sisada anak sisada boru

  48. Posted April 28, 2009 at 12:04 pm | Permalink

    Komentari kalau yang ditulis Saragi Sidauruk saya tidak setuju. Saragi ya Saragi, Sidauruk ya Sidauruk. Mohonkan biar Jelas…..

  49. n.barasa
    Posted Mei 5, 2009 at 2:39 pm | Permalink

    terima kasih sudah membuat web ini.
    sy jd tau ttg PARNA.tapi, kenapa PARNA ga bole saling menikah?

  50. Posted Mei 11, 2009 at 7:26 pm | Permalink

    Songon na kurang dope na iba in ba..
    Makanya awa di bilang:
    T -> emapt
    O -> rang
    B -> atak
    A -> ka, na
    D -> sale – dale

    Ngeri kalai y..
    kemana alh partuturan ama sala awa pun g tau awa dari mana

    mammmoooOOooOoooooooo

  51. C. F. SIDJABAT
    Posted Juni 22, 2009 at 4:19 pm | Permalink

    SARAGIH SIDJABAT, SARAGIH SIADARI, DSB. …
    MENURUT ANDA YANG MANA MARGA ASAL? SARAGIH ATAU SIDJABAT/SIADARI?
    YANG SELAMA INI KITA ANUT: BEBERAPA KETURUNAN DARI SIDJABAT, SIADARI ATAU YANG LAIN MENJADI MARGA SARAGIH KETIKA MEREKA BERMUKIM DI SIMALUNGUN.
    HARAP DITELITI MANA MARGA ASAL MANA TURUNAN BIAR SEMUA MEMAHAMI.
    HORAS.

  52. tiar simbolon
    Posted Juni 23, 2009 at 9:46 pm | Permalink

    Horas……….
    tu sude Bapa Tua, Bapa Uda, Namboru…

    kami dari Ikatan Mahasiswa Parna Jambi
    mohon dukungan dari orang tua kami dengan mengirimkan silsilah marga Parna,
    dan bantu kami dalam doa
    kami baru diresmikan tanggal 3 juni 2009 di Mendalo Darat, Jambi

    Semoga Tuhan selalu menyertai kita sapinopparan

  53. Posted Juli 16, 2009 at 1:01 am | Permalink

    horas ma di hita saluhutna … !!!

    kebetulan dainang pangittubu boru sijabat, alai saragi sijabat asli sian samosir dope …

    menurut angka marga2 si raja naiambaton naung ni surathon penulis di atas, anggo saragih sijabat simalungun doi. anggo hata ni dainang saragi dan saragih adalah perbedaan wilayah antara toba dan simalungun, jadi molo na binahen muna i dang be sian samosir asli be sijabat i, hape sian hata ni dainang dohot oppung i, asli dope sian toba sijabat.

    gimana dong, tolong di jelaskan ya … !!!

    ajari hamu hami angka naso umboto on molo tung pe godang angka nahurang, marpamuati ma roha muna … !!!

  54. Charp bolon
    Posted Juli 22, 2009 at 2:15 am | Permalink

    Horas di hamu Bapa, na mambaen blog ni PARNA on. Maaf bahasa indonesia aja ya Bapa!?
    Setelah saya baca daftar marga2 PARNA yg ada pd awal pmbukaan blog ini, gak ada slhnya saya bertanya. Saya bertnya krn pngen tau yg lbh rinci ttg PARNA. Pertanyaan I: Ttg marga Pinayungan. Setau saya Pinayungan itu si onom hudon. Tp Bapa memuat Pinayungan (sigalingging?). Apa mksdnya tnda (?) diakhir sigalingging? Atokah pinayungan itu keturunan dari sigalingging? Ato mmg pinayungan itu gak jelas ato gimana… (tlng penjelasanya) krn dulu wkt kecilnya, Bapak saya cerita bahwa Pinayungan itu, urutan ke 4 di si onom hudon. Pertanyaan ke II: Sbnrnya hubungan antara Simbolon dgn Si onom hudon latar belakang ceritanya gmna sih? Krn saya prnh diksh tau Bapak, “Kalo kamu pergi merantau misalnya ke daerah yg jarang halak hita, blng aja kamu marga Simbolon!”. Itu dulu kata Bapak saya. Maaf si onom hudon itu setau saya, bnyk yg menyaru jd marga Simbolon tuan. Salah satunya saya sendiri. Sbnrnya saya marga Tinambunan, tp dulunya bnyk halak hita gak tau marga Tinambunan itu msk ke marga apa. Jd krn teringat apa kata ortu dulu, saya blng aja saya marga Simbolon. Krn daerah yg saya jalani sblmnya, kalo saya blng Tinambunan bnyk org nnya dan enak aja manggil saya “Tambunan” (kan keliru jdnya). Bahkan dulu prnh ma teman hmpir otot2an krn diblng “mana ada marga Tinambunan” itu mmg cerita dulu kalo skrng dah pd bnyk tau. Yg lucunya stlh saya menetap kerja di slh satu perusahaan swasta, marga Simbolon inilah yg saya bawa trus. Krn mmg data2 saya di perusahaan tsb dah pake marga Simbolon. Mmg sih dari pihak keluarga dan famili gak ada yg keberatan krn itu katanya sama. Jd utk Bapak yg memuat blog ini, tlng cari tau cerita latar belakang si onom hudon. Saya jg heran knapa si onom hudon msuk ke suku Pakpak (Klasen), smntara tutorial daerahnya di Humbahas, dan cerita latar belakang si onom hudon katanya dari Simbolon cuma asal muasalnya ceritanya inilah saya gak tau secara rinci. Kalo mmg Si onom hudon, di latar belakangi Simbolo, kok beralih ke suku Pakpak? Maaf ya Bapak, saya haus cerita ttg si onom hudon, krn blm smpat nanya yg jelas ma ortu, smuanya dah pd almarhum.
    Pertanyaan ke III: Ini adlh ttg marga Berasa. Marga Berasa ini sbnrnya terbagi brp? Krn bnyk yg mengaku msk ke Pasaribu. Dan bnyk jg mengaku msk Parna (fakta yg saya baca bkn di blog ini aja). Saya katakan ini pnting utk saya, krn Namboru saya suaminya (amangboru) marga Berasa, yg domisilinya di Pearaja, daerah Parlilitan asalnya si onom hudon. Kalo mmg Berasa msk Parna, mar ito dhonk namboruku sama amangboruku. Bahkan slh satu lae itu (anaknya namboru red) nikah (kawin) sama br Simbolon (msh asli dari Samosir) skrng Berasanya amangboru itu katanya msk ke marga Pasaribu. Apa mmg betul Berasa itu ada yg msk ke marga Pasaribu!? Dengar kbr burung, di Sibolga katany marga Berasa bnyk mengaku Parna, tp bnyk jg mengaku Pasaribu. Tlng dong pnjelasannya.
    Pertnyaan ke IV: Marga Boang manalu yg sering saya jmpai ada mengaku msuk ke Parna, ada yg tdk msuk Parna. Jd saya simpang siur ttg marga Boang manalu. Mana mrk ini yg betul mana yg salah saya gak tau, makanya saya bertnya. Mohon Bapak jwb, krn jwban Bapak atas pertanyaan saya, sangat pnting bagi saya dan mgkn utk smua marga Parna. Horas mauliate

  55. ando simbolon
    Posted Agustus 11, 2009 at 2:54 pm | Permalink

    terimah kasih ya uda nulis tarombo marga parna.minta tolong d tulis silsila op2 ni simbolon suhut ni huta ama keturunan.mauliate godang di akka amang uda iba dohot uda iba.dohot akka appara iba

  56. Rulina sitanggang
    Posted Oktober 17, 2009 at 2:26 pm | Permalink

    kOq cM sgtu ceeH…
    Qw mU tW donX yg lbih jElas lagi…..

  57. Guntoro
    Posted Oktober 31, 2009 at 9:34 pm | Permalink

    Horas..
    kami dr PARNA se-pangkalan kerinci Riau
    yg br terbentuk, akan mengadakan Natal.
    akan tetapi terbentur oleh ketidaktahuan lagu Mars PARNA.
    Mohon bantuan segera bagi yg mengetahui syairnya..
    Mohon di email kan ke : toernip_jr@yahoo.com

    Salam hangat dr Parna se-pangkalan kerinci Riau
    Guntoro Turnip

  58. victor sitanggang
    Posted November 10, 2009 at 2:08 pm | Permalink

    wah bnyk bgat ya marga2 parna. tp enak jg bs bnyak apara

  59. Posted November 13, 2009 at 11:41 pm | Permalink

    Horas ma di hita sude pomparan ni raja nai ambaton. Boi do kan bergabung jala dohot marpanukkun au tu hamu sude akka Ibotoku,Anggi, Uda, Bapatua, atau Oppung. Sebenarna aha do janji ni opputta na jolo, baoasa asa gabe dang boi hita marsibuatan akka parna, hape akka marga na asing nunga boi marsibuatan apalagi tarlumobi ma di jaman nuaeng on. alai au marpanungkun mardongan lasni roha do, alana sahat tu songonari boi do ta jaga amanat ni oppu tai. Alai na husungkun aha do huroha hatana najolo tuhita pinomparna, jala aha do huroha na terjadi molo hita marsibuatan ibagas margatta.tolong lean hamu jo penjelasan tu au na ingin tau on. mauliate horas

  60. Juni Simbolon
    Posted November 21, 2009 at 12:24 pm | Permalink

    Horas3x

    Parjolo mauliate godang hudok tu namanulis…Mansai las situtu rohakku manjahasa.Alana nungga huboto marga2 pomparan ni opputta si Raja Naiambaton…
    Saya bangga dgn marga PARNA….dengar semboyan nya saja ( sisada Anak,sisada Boru )saya sudah merinding mendengarnya…apalagi benar2 dilaksanakan dilapangan……Memang benar Parna itu SISADA ANAK,SISADA BORU.Saya sudah mengalaminya….Saya pernah tinggal di Banjarmasin / Kalsel….
    Terus saya kenalan sama boru PARNA ( Boru Simbolon,marga Simanungkalit ).
    Dengar saya orang PARNA / Simbolon saja,saya sudah di ijinin tinggal di rumah Lae Simanungkalit itu…

    Betapa senang hatiku,jika Parna yang lain bisa bertindak seperti Lae,Ito yang saya ceritain di atas….

    Dari pengalaman saya itu,saya ambil kesimpulan…..
    Memang PARNA itu satu Anak,satu Boru…….

    Jadi tetap maju marga PARNA,pupuk terus rasa persaudaraan,jungjung harga diri,dengan menunjukkan kekompakan marga PARNA dimanapun kita berada.

    Satu hal yang perlu saya minta,bagi kita poparan ni PARNA.

    JANGAN PERNAH MERASA BERSAING SESAMA MARGA PARNA.MELAINKAN SALING MENDUKUNG DEMI SUCCESNYA KITA SEMUA…

    Salam,
    Anakmuna….Simbolon.

  61. Posted Desember 6, 2009 at 12:04 pm | Permalink

    bos….
    marga simbolon Rimbang mana ???

  62. chris manurung
    Posted Desember 9, 2009 at 2:20 pm | Permalink

    Horas! Tu dongan tubuniba Roy Manurung,..jgn bingung kawan.Saragih dan Saragi adalah satu.Jangan terprovokasi oleh pernyataan oknum2 tak bertanggung jawab,khususnya mereka,segelintir orang dari Simalungun yang mengatakan Saragih bukanlah dari bagian dari Batak.Kalau tidak salah,menurut buku tarombo karya WM Hutagalung serta buku karya Richard Sinaga,marga Sijabat bersaudara dengan Sidabutar,Sidabalok,dan Siadari?

  63. CHIKA
    Posted Januari 11, 2010 at 8:42 pm | Permalink

    saya ingin lebih mengetahui tentang kumpulan parna

  64. Marta Sigalingging
    Posted Januari 31, 2010 at 7:46 pm | Permalink

    Makasih banyak atas info nya…

    sekarang aku jadi lebih tau marga apa aja yang masuk dalam PARNA…

    sekarang aku tidak bingung lagi untuk ngjawab teman2 yang menanyakan,marga apa aja yang ada di PARNA

    thanx so much..

  65. manihuruk
    Posted Februari 18, 2010 at 10:12 pm | Permalink

    horas ma di hita saluhut PARNA
    terima kasih buat penulis, saya jd bisa tau saudara semarga.
    urun pendapat y..
    yg pnah q dnger sitanggang simbolon/simbolon sitanggang. Dengan kt lain sama tinggi, tidak ad yg abang atau anggi.

  66. Posted April 11, 2010 at 9:19 pm | Permalink

    Mauliate godang ma di hamuna amang penulis. Alani tulisan muna on, nga be diboto hami maraga namasuk parna. Horas ma di hita.

  67. Fransiscus Simbolon
    Posted April 11, 2010 at 10:00 pm | Permalink

    boi do amang molo simbolon tuan dohot simarmata??
    boasa adong do parna on,,
    dang pala huboto do na songon parna on,,

    dang na mempersempit hubungan do on??

    mauliate godang….

  68. theosamyos
    Posted April 20, 2010 at 12:48 am | Permalink

    Horas. Saya hanya mau berbagi apara. Yang saya tahu, marga NAPITU dan SITIO itu anak/adik dari marga RUMAHORBO. Jadi tidak berdiri sendiri. Mauliate. Horas

  69. alex
    Posted April 23, 2010 at 2:15 pm | Permalink

    HORAS……….
    mangido majo tu hamu na umbotosa tarombo ni siallagan secara rinci,mauliate

  70. rio simarmata
    Posted April 28, 2010 at 4:19 pm | Permalink

    horas marga PARNA….!!!!
    makasi ya buat penulis…karna anda saya bisa tahu pa ja Marga2 PARNA

  71. Posted April 28, 2010 at 4:24 pm | Permalink

    horas marga PARNA…..
    terimakasih buat penulis karna anda saya bisa tau semua marga PARNA…

  72. Posted Mei 8, 2010 at 11:38 pm | Permalink

    mauliate ma tutu ala ni angka tulisan taringot tu sude marga pomparan ni raja naiambaton. tarlumobi tu angka umposo asa tong-tong di ingot tu sude marga na adong di pomparan ni PARNA.

  73. dedi simbolon
    Posted Mei 10, 2010 at 11:22 pm | Permalink

    massai las do ro ha molo dung binoto akka keluarga,,,

    mauliate,,
    alai adong sukkun-sukkunhu..
    Boasa ndang adong Simbolon Rimbang?

    mauliate di alus muna…
    jaya Slalu buat PARNA!!!

  74. Posted Juni 1, 2010 at 3:33 pm | Permalink

    Thans ea buat ito dan abg saya yang telah membuat silsilah kita, dan saya telah tahu silsilah parna itu semua.

    Tapi saya mohon agar dibagi-bagikan berdasarkan anak dari oppung kita.

  75. febi
    Posted Juni 15, 2010 at 4:32 pm | Permalink

    hidup naimarata dan parna

  76. zulfahri Sigalinggin
    Posted Agustus 23, 2010 at 2:53 pm | Permalink

    Horas…
    sai maju ma akka halak hita sude..

  77. Posted September 6, 2010 at 10:58 am | Permalink

    mksEh bnYAk DeCh Wat pNulis..

    Tpi qhU mO tnYA necH coz QhU pnSArn bgT MA ne CritA..

    sbNArnYA hUb pARNA dGn MrgA MANURUNG iTu PA EAcH????

    KtAnyA Ad ikAtn PrNA dGn MrgA inI..

    SbNARnYA Seh qhU pNAH TAu ttG neh, tpI suAtu x qhu knAln MA mrgA mnUrUnG,dAn MuLAi dkAT Ad yg blG loK kTA tuh AD iKATn sAuDARA..

    AkhirnYA hub kTA jD Agk trbTAsi..
    mknyA qhU mAU TAu pA hUb. ktA pArnA sMA mAnuRuNG??????

    Tlg d lz EA…
    tAHnk AgAin..
    GBU..

  78. Rina
    Posted Oktober 8, 2010 at 4:10 pm | Permalink

    horas..

    saya bukan parna,,
    tapi saya puas karena dgn adanya penulis…
    karena saya ingin mempelajari tentang parna,karena saya ingin mengetahui tentang parna dengan baik untuk membantu saya dalam mempelajari tuturnya buat calon suami saya yg juga temasuk parna yaitu marga simbolon…

    semoga kita semua di berkati…

    sukses buat prna

  79. L.Freddy Sidabutar
    Posted November 11, 2010 at 12:30 am | Permalink

    ISE DO NAMAMBAHEN BLOG ON, NDANG HANTUS URUTAN NI MARGAI DIBAHEN, ADONG DO SUMBER NI BUKU NI ON? MARAMBALANGAN SUDE, OLO DO LILU ANGKA NAUMPOSO MAMPARSIAJARI ON. MOLO BOI DIANGKA HITA POMPARAN NI PARNA ASA DIPAHANTUS JO ON NEAN.
    MAULIATE. HORAS

  80. boru sitanggang
    Posted November 27, 2010 at 10:29 am | Permalink

    saya jadi bingung tentang marga barasa dan boangmanalu ini, sebenernya mereka masuk parna atau bukan? soalnya namboru saya kandung (boru sitanggang) nikahnya sama marga barasa, dan ito saya yang anak bapatua kandung (marga sitanggang) nikahnya sama boru boangmanalu.. mohon pencerahannya doong, biar tak semakin tersesat saya ini hehehe mauliate :)

  81. Andikha Dabukke
    Posted Januari 23, 2011 at 11:19 am | Permalink

    Saya marga Dabukke, mamak saya boru Turnip,
    inang saya boru Napitu, buyut saya boru Sidabutar, diatasnya lagi boru Sidauruk…
    komentar saya, kalo Dabukke sudah tidak terdaftar di PARNA…
    di keluarga saya sudah 5 keluarga mengambil dari keluarga PARNA, demikian juga di Batu-batu Pulau Samosir…

  82. Posted Januari 30, 2011 at 5:41 pm | Permalink

    PARNA…..
    M U N T H E …

    PARNA
    pertahan kan lah banyaknya pomparan bikin nama emasmu yang tak terukur harganya….

    horas

  83. Ryatno Tinambunan
    Posted Februari 4, 2011 at 9:37 pm | Permalink

    horas ma dihita sude,tu penulis(tu sude parna)adong saotik naing sisukkunonku, naparjolo:menurut na hujaha jala songon na nidokni bapakku on mengenai simbolon.adong do namago keturunan ni simbolon ima OMPU GURU MANURBING hea do dibege hamu i??????????.Napaduahon,hea do dilului marga simbolon i????? Napatoluhon,OMPU GURU MANURBING ima namangaratto tu tano DAIRI,ima diPARLILITAN.jala adong do tuguna disi jala disurat di tugunai OMPUGURU MANURBING TINAMBUNAN Boasa boi songoni??? asa husukkun pe on alana au POMPARAN NI OMPU GURU MANURBING NA PASAPPULU SADAHON JALA AU BINGUNG ATURANNA AU SIMBOLON DO BOASA GABE BOI TINAMBUNAN??? MAULIATE PATORANG HAMU MA JO HORAS…..

  84. Sindar Darius Siallagan
    Posted Februari 6, 2011 at 11:08 am | Permalink

    Horas!
    Terimakasih kepada pemilik bloq ini, ada beberapa yg perlu saya tanyakan yg selama ini menjadi misteri di kubu PARNA:
    1.Tolong Buatkan di bloq sturuktur atau skema turun temurun PARNA.
    2. Sebenarnya Simbolon, Sitanggang, Siallagan..siapa yg si ‘akkanggan’? Atau Paling Senior? Apa alasannya?
    3. yang mana yg benar ‘RAJA NAIAMBATON atau RAJA NASOAMBATON’? Tolong di perjelas.
    4. Saya adalah keturunan PADIRI RAJA atau Disebut Si Raja Laga, anda siapa? Pintar2an membuat tarombo Parna disini?

  85. Posted Maret 18, 2011 at 1:08 am | Permalink

    Horas!!!mauliate ma di Jahowa dht di na pajonjong blog on gabe patamba parbinotoan di hami akka naso umboto.mangido majo au,asa di patorang margatta on sian siakangan sht tu siampudan.muse,margakku munte sian dolok sanggul,masuk tu dia do hami?molo na huboto hami,masuk tu tamba tua do hami ima Lbn tonga2(datu parngongo/br marbun )jala godang do i diakkui akka donganta tamba,sijabat,sidabutar,sidabalok dht akka natua-tua na asing di margatta.tolong majo di patorang,mauliate.

  86. meymey ginting
    Posted Maret 31, 2011 at 11:59 am | Permalink

    bujur melala man kam si enggo nulis artikel enda. arah artikel enda ngo melala kel pemeteh ku.
    smangad man bandu.. ras
    MEJUAH-JUAH man kita kerina.
    dibata si MASU-MASU

  87. Posted April 4, 2011 at 2:41 pm | Permalink

    syalommm buat parna semua….smoga smakinnn jayaaaaaa////horasssssss

  88. Posted April 7, 2011 at 10:41 am | Permalink

    Horas ma dihita sasudena akka pomparan ni si Raja Naiambaton,,

    sai sukses ma hita na diperantauan on…

  89. Humuntar siallagan
    Posted April 9, 2011 at 7:09 pm | Permalink

    horas..

    Tolong di buat urutan yang benar,
    Karena siallagan itu no. 2,
    Dan yg no. 1 itu simbolon..

    Thx

  90. leo
    Posted April 11, 2011 at 11:18 pm | Permalink

    jgn lsg ktkan simblon yg tua sdg simbolon dipertanyakan ama tamba siapa yg tua yg sebenarnya tamba krn tmba anak pertama dr op.bolon dr istri prtma.jgn blg sitanggang dipertanyakan tanya dl simblon , apakah sitanggang diakui keturunan raja sitempang?bkn pasti diakatakan krn klu iya tau sendiri aja.jgn suka mengklaim klu ngak bgtu tau sejarah.persoalan simbln ama tamba aja mkn anda tidak tau untuk memperebutkan spa plg tua.horas mksh lain kali jgn suka mengklaim dan tmpt ini dijadikan ajang propaganda.

  91. Pinompar ni Panglima porang/hulu balang oppu datu ama.Ransap tinambunan
    Posted April 15, 2011 at 8:28 pm | Permalink

    Horas…
    Oppung, bapa, appara, dohot iboto niba, basa ni Tuhan ta i do na manggonggom hita on sude!!
    Santabi Raja nami unang lupa tu dongan tubu nta sian Suku alas kutacane aceh tenggara, ima marga Sekedang dohot Munthe Alas.
    Mauliate.

  92. ROMASRIA
    Posted Mei 2, 2011 at 3:54 am | Permalink

    saudara jeff haviel, klo anda belum memahami masalah parna ,jangan anda mengomentari apalagi memprovokasi.dari kalimat anda aja udah jelas bahwa anda itu provokatif. masalah siapa yg lebih tua antara sitanggang atau simbolon, itu masih status quo. para tetua adat aja belum berani memberi satu jawaban.apalagi anda yg belum jelas siapa dan bagaimana.saya tantang anda. klo masalah sitanggang masuk parna apa gak, itu udah jelas.apa anda kurang memahami ya? itanggang tidak masuk ke marga lain, baik itu tamba ,munte, saragi, atau yg lain.sitanggang tetap sitanggang.dia berdiri sendiri.tolong pahami dulu baru komentar.ok ?

  93. Op.Hasudungan Sbolon
    Posted Mei 5, 2011 at 6:01 pm | Permalink

    Saya punya data bahwa marga PARNA lebih 70, Simbolon hanya satu (belum bentuk marga, artinya Simbolon Hapotan bukan satu marga).
    Hingga kini belum ada jumlah marga-marga keturunan PARNA yang pasti, data yang diperoleh dari berbagai pihak selalu tidak sama. Namun dapat dipastikan jumlahnya lebih dari enampuluh marga.
    Daftar marga di bawah ini disajikan berurut menurut abjad. Tidak ada maksud lain kecuali untuk mencoba menghimpun nama-nama marga PARNA saja, maka kebenarannya pun perlu mendapat pelurusan dari marga tersebut, atau setidaknya dari marga yang ada sangkut paut (seketurunan) dengan marga itu.
    Beberapa catatan :
    1. Marga Saragih (50) di Simalungun dan Ginting (16) di Karo telah menjadi “maskot pemersatu”, biasa dipakai dan telah menjadi marga kebanggaan tersendiri di kalangan PARNA. Kedua marga tersebut terdiri dari marga-marga PARNA. Hal itu menjadi jelas bila berkenalan, “Saragih atau Ginting akan menyebut garis keturunannya (mis. Ginting Manik, dimaksudkan adalah Simanihuruk, dsb)”.
    2. Marga Manik Parbuaji (34) dan Manik Simsim (35) sehari-hari mereka menyebut Manik saja. Di berbagai tempat mereka masuk kumpulan Naimarata. Ciri-cirinya ialah bila berkenalan, “mereka mengaku keturunan PARNA dari Pakpak dari garis keturunan Op. Bada, salah seorang keturunan Sigalingging”.
    3. Marga Sidabungke (56) telah menjadi marga yang berdiri sendiri (manjae).

    1. Ajartambun
    2. Anakampun
    3. Bancin/Bansin
    4. Banuarea
    5. Berampu
    6. Berasa
    7. Beringin
    8. Bitu
    9. BoangManalu
    10. Dajawak
    11. Dalimunthe
    12. Dasalak
    13. Gaja(h)
    14. Si)Garamata
    15. Garingging
    16. Ginting
    17. Ginting Babo
    18. Ginting Beras
    19. Ginting Carah
    20. Ginting Jawak
    21. Ginting Manik
    22. Ginting Munte
    23. Ginting Seragih
    24. Ginting Suka
    25. Guruputih
    26. Gusar (Pande Unggas)
    27. Hapotan
    28. Harapohan
    29. Hari
    30. Hobun
    31. Hubu
    32. Jadibata (Ginting)
    33. Maharaja
    34. Manik Perbuaji
    35. Manik Simsim
    36. Mataraja
    37. Munthe
    38. Nadeak
    39. Nahampun
    40. (Si)Nalu
    41. Napitu
    42. Pase (Ginting)
    43. Pasi
    44. Pinayungan
    45. Rea
    46. Rumahorbo
    47. Saing
    48. Sampun
    49. Saragi
    50. Saragih
    51. Sembayak
    52. Siadari
    53. Siallagan
    54. Siambaton
    55. Sidabalok
    56. Sidabungke
    57. Sidabutar
    58. Sidauruk
    59. Sigalingging
    60. Sijabat
    61. Simalango
    62. Simanihuruk
    63. Simarmata
    64. Simbolon
    65. Sinusinga (Ginting)
    66. Ginting (Si)Permata
    67. Sitanggang
    68. Sitio
    69. Sitonggor
    70. Sugihen (Ginting)
    71. Tamba
    72. Tendang
    73. Tinambunan
    74. Tumangge(o)r
    75. Turnip
    76. Turutan

    sudah tentu daftar ini masih jauh dari sempurna, karena itu saudaraku keturunan PARNA diharap mau membantu menyempurnakan / meluruskan daftar ini, dan bila berkenan mengirimkan datanya kepada Sekretariat PARNA Kota Pematangsiantar, atau langsung ke alamat kami :
    Op. Hasudungan Simbolon
    Jln. Narumonda Atas no. 45 – Kp. Kristen – P. Siantar Telp.
    (0622) 23572 – HP. 08126209249
    PS.25.04.2006
    Sumber :
    1. Samosir Silasilah Batak, H.J.A. Ptromes OFM,Cap
    2. Daftar 368 marga Batak, versi” SABDA.”
    3. Marga PARNA rekaan ULTAH PARNA Medan, Juni 2005
    4. Pohon Silsilah, NN
    5. Pustaha Batak, W.M. Hutagalung
    6. Tarombo & Silsilah Keluarga, Op.Guru Simbolon & Op.Tumpal Simbolon, 1969.

  94. Rony Sitanggang
    Posted Juni 21, 2011 at 2:39 pm | Permalink

    gak ada yang jelas komentar2 disini…buat driku bingung…dia do na toho.???

  95. Posted Juni 27, 2011 at 7:01 pm | Permalink

    parna margaku
    parna sisada asal mulaku
    nang pe dao sian hatubuanku

    naing ingotonku do saleleng hutanda au marga parna

  96. Posted Juli 20, 2011 at 3:59 pm | Permalink

    mauliatema dihita saluhutna,

  97. Posted Agustus 22, 2011 at 3:07 pm | Permalink

    horas ma di hita saluhut na

  98. Jeremy Saragih
    Posted September 6, 2011 at 11:51 pm | Permalink

    Terimakasih ya Oppung/Bp Tua/ Abang/adik..karena masih ada orang yang mau memberi hatinya dan waktunya menuliskan Marga2 yang masuk ke marga Parna Saya pribadi sangat3 berterimakasih atas di Postingnya marga PARNA.karena setelah membaca. kami yang masih muda mengerti yang masuk ke marga PARNA. Kami mengharapkan Silsila marga PARNA supaya di buatkan Juga dan dari marga – marga yang diatas marga mnana yang tinggal di daerah Karo Pakpak Dairi, Simalungun, Tapanuli,
    Harapan Saya marih kita bersatu,dan kita menjaga pesan dari leluhur kita.. ( Raja Naimbaton)……….. H O R A S….. G b u

  99. den munthe
    Posted November 28, 2011 at 4:28 pm | Permalink

    horas.
    Parna (Nai ambaton..
    opung kami MUNTHE dah lahir di Dolok Sanggul
    tapi amanat dari opung klu ada PARNA/MUNTHE kami di peSANkan opung KAMI harus panggil tutur bapa tua,uda.abang
    yang selau derajat di atas.

    dan aku pun blm begitu paham MUNTHE ini sebenarnya
    anak papigahon.apa benar MUNTHE anak si ampudan sian sude PARNA.
    tu sude PARNA / M U N T H E naumboto
    tolong di bantu ketidah tahuan kami ini..

    Horas jala Mauliate!

  100. erikson tamba
    Posted Desember 16, 2011 at 9:47 am | Permalink

    Horas….
    Mauliate godang ma tu oppung, tua, Abang, appara niba na nunga mambaen sude daftar ni marga parna, molo boi nian pangidoan nami akka pangaranto on asa dibahen mulai siakkangan sahat tu suappudan’ asa lebih huboto Hami.

    Mauliate…
    Horas.
    Erikson Tamba

  101. Posted Desember 21, 2011 at 9:30 pm | Permalink

    mauliate godang………..

  102. Romi I Simarmata
    Posted Januari 3, 2012 at 7:37 pm | Permalink

    Horas..

    Kembangkan Budaya Batak di Indonesia dan sekitar

  103. aya
    Posted Februari 23, 2012 at 9:32 am | Permalink

    mw nanya, saya kan simbolon,, tapi setelah saya lihat kumpulan marga parna, simbolon rimbang g masuk marga PARNA ya????????????

    tolong berikan jawabannya…

    ok.

    syaloom…..

  104. Posted Februari 25, 2012 at 5:53 pm | Permalink

    Mauliate ma, molo dang ale website on mungkin au hurang umboto do gabungan ni margakku, mauliate ma.. Saya bangga jd orang batak, mari kita kembang bahasa batak kita & adat batak kita. Horas.horas. Horas.

  105. Posted Maret 15, 2012 at 5:47 pm | Permalink

    waawwww….kok banyak sekali marga parna?? gak salah tuhhh

  106. ERIK DANIEL SIJABAT
    Posted April 6, 2012 at 7:31 pm | Permalink

    Mauliate ma parjolo ni dok tu panulis buku arombo on..alai nga godang nian ni jaha akka buku arombo ni halak batak khusus na na mambahas keturunan si opat ama alai etap dope dang tar jawabi dia do tugu manang kuburan ni oppung niba datu parngongo…molo boi coba jo telusuri hamu umbagas nai taringot tu si… mauliae…. HORAS MA DI HITA …..ERIK DANIEL SIJABAT..

  107. Nova Ertina Sitangga
    Posted Mei 5, 2012 at 10:18 am | Permalink

    tidak ada komentar yg perlu qw sampaikan,,,,, malah syukur dehhh,, qw jdi nya mengerti bngaimana tuhhh persaundaraan ni anak dohot boru ni kumpulan parna sian adat batak bona pasogit…….. mauliate ma di hita salutna,,,,,, Horas…. syalom… imannuel…….. by… Nova Ertina Sitanggang silo

  108. A. Aldo Sitanggang
    Posted Mei 20, 2012 at 12:13 am | Permalink

    Porlu marpungu akka namangattusi jala mambaen sada buku asa adong pegangan ni generasi muda pomparan ni Raja Nai Ambaton. Ise naboi mangoluhon?
    Horas!

  109. Posted Juli 10, 2012 at 3:20 pm | Permalink

    Kenapa marga-marga di Batak itu selalu mempermasalahkan urutan marga?
    Apakah itu berpengaruh dengan tingkat kehormatan seseorang?

  110. bukhori ginting
    Posted Juli 13, 2012 at 2:50 am | Permalink

    bas sie sitik pe la kuangka kalak e

  111. nikol
    Posted Juli 26, 2012 at 8:50 pm | Permalink

    nomor diatas apakah sesuai urutan? mauliate

  112. Posted September 26, 2012 at 12:03 pm | Permalink

    Menurut semua penjelasan yg ada..itu baik menurut pengetahuan dan penerimaan cerirtai dari masing-masing puak…tetapi pendapat sya ..menurut cerita tutur keluarga kami tak ada bedani…Dalimunthe (martua raja/haria aja ) ialah Munte tua,saragi/h ,ginting ,tamba, dan Simbolon (suri raja ) adalah satu ayah lain ibu….sedikit cerita marga Dalimunthe yg kami sandang…dan perlu diteliti oleh semua marga yg tergabung dalam Parna.. pada jaman dahulu kala ..Op Bolon mempunyai seorang istri tetapi setlah bertahun-thn menikah blum juga mempunyai keturunan sehingga byk saran dari kerabat dll…agar mencari istri lagi supaya ada penerus dirinya.. walaupun berat dirasa ..disampaikanlah saran tsb kepada istrinya ( permaisuri Raja ).. dan sarn tsb diterima oleh istrinya…lalu Op Bolon mempersunting Istri yg Masih muda dan cantik.. setelah sekian Bulan Menikah.. Hamillah Istri Muda tsb maaf ..bisa dikatakanlah Selir raja atau haria raja/martua raja ..dan anak tsb dikenal dgn nama Op suhutnihuta… inilah nama ank dari Martua raja ditarombo tertulis Martua Raja ( Toba )dan ditapsel dikenal Haria Raja ..yg bernama Op Suhutnihuta… jadi byk dalm penulisan tarombo.. kurang memperjelas..dan mungkin sengaja ditutup ..tutupi..maaf ini sekedar pandangan saya… agar kita semua bisa dan dapat memahami..kenapa demikian adanya..apa sebab musababnya ..marga Simbolon mengaku anak palin tertua diParna walau ada beberapa marga diparna tidak saja menerima hal tsb tetapi simbolon karena merasa anak dari Istri tua ( permaisuri ) mengganggap dirinya Putera mahkota dan mengganggap dirinya merasa paling Tua…tetapi menurut tutur kami Simbolon itu dilahirkan dan dimomong atau diasuh ..oleh marga Dalimunthe…bersambung…

  113. Posted September 26, 2012 at 12:16 pm | Permalink

    Dan Apparra…maslah Op bada dan keturunni di negeri SiOnom hudon…adalah Ketrunanni Dalimunthe ( Munthe Tua )..menurut tutur kami Dalimunthe… SDH.. dari Pomparranni SiGalingging… Boleh dicek..cerita ini…untuk menambah pengetahuan kita bersma khususnya marga yg tergabung di Parna….mauliate..da ..

  114. praka donii manick
    Posted Oktober 23, 2012 at 3:47 pm | Permalink

    syalom…
    salam sejahtera bagi kita semua.

    permisi bang,
    saya mau nanyak,
    manik kecupak itu kan manik pak pak bg,
    trus saya ini manik pak pak juga,

    saya termasuk parna atau bukan ??

  115. niko sinaga
    Posted November 9, 2012 at 9:36 pm | Permalink

    salam kenal,saya niko sinaga,,,saya bere ni parna,tepatnya mama saya boru simbolon suhut ni huta…salam kenal kepada tulang/lae/pariban semuanya..GBU

  116. M.Abduh Dalimunthe
    Posted Januari 6, 2013 at 8:35 am | Permalink

    Parna ini makin banyak,syukurlah.Tetapi di pangkal harus diluruskan dulu.Yang menurunkan parna itu adalah nai ambaton.Dia adalah perempuan.maka meyebutnya raja nai ambaton biar mantap adalah pengaburan dan penghianatan kepada nai ambaton.Bukti bahwa nai ambaton perempuan bagi yg belum meengetahui, lihatlah di stambook di musium Siallagan di Simanindo P.Samosir.Disitu nenek moyang kita itu dicatat menurunkan hanya lima keturunan utama.Jadi mari kita akui nai ambaton bukan raja, tetapi suamimya si Raja Batak membolehkan anaknya raja/marga tersendiri.

  117. M.Abduh Dalimunthe
    Posted Januari 6, 2013 at 9:00 am | Permalink

    Banyak yang masih gelap ttg parna ini dan ini terlihat dari misalnya munthe menjadi dalimunthe dan munthe di dairi.utk memperluas saya ingin membantu menjelaskan.Munthe menjadi dalimunthe terjadi di Poldung, Labuhan batu.Cucu munthe tua/anak Nai ambaton yang bernama naga sori telah sampai di daerah poldung .Anaknya dariisstri pertama /boru simamora,agak dikucilkan dan dibuang ke hauma dan munthe itu bertani.untulk membedakannya dengan anak naga sori yg lain,maka ia di panggil munthe yg menanam Dali dan mrnjadi dalimunthe.Ketika terjadi poldul dengan margalain ,ia menang dan diakuilah Dali munthe menjadi raja poldung .anaknya Patuan sigambal/Dalimunthe merantau lagi ke Selatan dan di Tangga bosi Barumun ia membuka hota dan dari sanalah Dalimunthe menyebar di Batak Selatan/Tapanuli selatan.Mengenai Dairi,benar ada munthe disana.Seorang anak Munthe(tua),yaitu Datu parngongo seorang dukun sakti yg kesohor yg juga abang dari Sitanggang,merantau ke Dairi dan mengawini boru Rambe disana dan keturunannya inilah yg menjadi munthe di Dairi.Setelah dari dairi,Datu Parngongo Merantau lagi kearah Tenggara/labuhan batu.Mungkin turiturian ttg munthe ini belum benar 100%, tetapi bisa kita Gunakan sebagai dasar penyelidikan.Misalnya Di Lobu Sitandiang di Pinggang Gunung Lubuk Raya,Telah ditemukan makam Raja Ulahan,seorang keturunan Patuan sigambal Dalimunthe, dan juga bondar Paangoli boru harahap yg di kawininya yg panjangnya lebih dari 10 km ,yg digali dari batuan kars pada tahun 1450(diperkirakan).

  118. M.Abduh Dalimunthe
    Posted Januari 6, 2013 at 9:48 am | Permalink

    Sesudah saya baca informasi di website ini, agak jelas dimana timbul nama raja nai ambaton.Tetapi kemudian raja nai aambaton yg menurunkan Parna perlu diluruskan .Salah seorang anak si Raja Batak adalah sori Mangaraja.Siraja Batak bukan orang batak yg pertama,tetapi orang batak pertama yg berkebudayaan.Sori Mangaraja mempunyai 4 istri, Nai rasaon,Nai Suanon dan Nai Ambaton dan satu lagi yg lupa namanya.Nai Ambaton lah yg menurunkan PARNA dan bukan cucunya raja nai ambaton yg entah marga apa.Untuk jelasnya,Nai aambaton dengan Sori Mangaraja mempunyai anak :
    Nahampun tua
    munthe tua
    tamba tua
    saragih tua
    simbolon.
    Kelima marga tua/asal tsb lah yg menurunkan semua marga PARNA., dan bukan raja nai ambaton yg lahir jauh dibelakang ompung ompungnya. Hal ini perlu diluruskan agar kita tdk menghianati nenek moyang kita.Bukti asal Parna tsb, Dapat dilihat di musium siallagan dan turiturian berbagai marga tua, termasuk munthe yg di teruskan kepada Dalimunthe.Selama ini berbagai marga ,berebut tempat siapa yg paling tua, agar dapat sedikit nama,walaupun sejarah hrs diplintir.Janganlah kita berbicara ttg persatuan,kalau diantara kita tidak jujur.Kita harus menerima apa adanya berita yg kita terima.Perlu diingat lebih dari seribu tahun yg lalu ,Tanah batak adalah kampung kampung kecil .tidak ada raja dalam pengertian yg sekarang.Yang ada raja adat dan kepala kampung.Ini pun, kalau kita tidak suka kita tantang adu pedang/poldung.Sekarang permusuhan yg berakibat poldung itu kita lupakanlah.Mari kita susun sejarah modern Parna berdasarkan persaudaraan yg sejati,tanpa meembedakan agama/keyakinan,kecuali yg satu itu, semuanya keturunan Nai Ambaton,Yaitu keturunan perkawinan Sori Mangaraja dengan Nai Abaton.Marga lain kita juga bersaudara,karena ompong kita punya saudara tiri dari istri Sori Mangaraja yg lain.

  119. alex boangmanalu,MBA
    Posted Januari 27, 2013 at 4:29 pm | Permalink

    saya mau tanya..?
    ini penting dan pertanyakan ini saya lontarkan bagi penulis
    tolong dijawab dengan alasan yang logis dan memang ada dasar faktanya (bukti2)
    atas dasar apa anda mengatakan Boangmanalu itu masuk Parna..?
    ada bukti..?
    atau sekedar omongan2 dari para masyarkat yang belum jelas kebenarannya..?
    mengapa anda berani mengatakan suku pak2 itu masuk parna..?
    sementara orang2 pak2 yang memang benar2 suku pakpak yang mengerti asal usul sukunya tidak penah mengatakan bahwasanya sebagian dari marga2 di pakpak masuk parna..?
    pernah kah anda/siapapun mendiskusikan hal ini kepada kepala suku pakpak sebelum mencantumkan marga2 ini ke bagian dari PARNA…?
    jangan terlalu benari membuat argumen dan tulisan seperti ini jika anda belum bisa mempertanggung jawabkannya..?
    saya sudah pernah berbicara banyak tentang suku saya kepada pengituai suku pakpak
    kalau sebenarnya suku pakpak itu tidak ada masuk ke PARNA
    sudah…?
    tolong direnovasi tulisan ini
    karena nantinya akan membawa perselisihan diantara kita
    kami tidak pernah mengggung ikatan saudara2 sekalian..!
    kami atas nama suku Pakpak mengatakan TIDAK ADA BAGIAN DARI KAMI YANG MASUK KE PARNA
    terimakasih
    NJUAH NJUAH..!!

  120. Posted Maret 18, 2013 at 11:06 pm | Permalink

    Hello! I’m at work browsing your blog from my new iphone 4! Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts! Keep up the outstanding work!

  121. Posted April 3, 2013 at 4:11 am | Permalink

    Good post but I was wondering if you could write a litte more on
    this topic? I’d be very thankful if you could elaborate a little bit further. Many thanks!

  122. Posted Mei 8, 2013 at 8:14 am | Permalink

    @victor hamonangan sijabat maaf saya komentar dikit , sebetulnya mana yg benar saragi, apa saragih pake H,
    soalnya setau aku saragi ,memang ad saragih asal dari simalungun saragi asal dari toba kok gk dibuat??..thanks buat semua parna yg da di indonesia smoga sukses slalu.
    @The Power Of God..

  123. Posted Mei 9, 2013 at 9:36 am | Permalink

    molo uboto sian au molo parna onma:

    simbolon tua
    tamba tua
    saragi tua
    munte tua
    baru di bagi2 akka dakdanakna contona:
    saragi tua:sidabutar
    sijabat
    siadari
    sidabalok
    nadeak
    mauliate tu hamu suda akka parna seluru indonesia,unang marbadai hamuna appara ku dahot ibotoku iparsolon ise siakkangan manag ise anggina.
    nai ginjangi olan unsur sajodo asa boi siingoton hamu ,olan ima hatakku sian hamuna akka parna mauliate.gbu

  124. Posted Mei 9, 2013 at 10:15 am | Permalink

    parjolo2 hita muliate saluhutna tu debat banua ginjang,
    buat ibotoku uly tamba dank adong ikatan family marga manurung tu ito,
    ale boi do memang family molo inang nie boru manurung ,ale ito manjou tulang tu manurung,galleng nie tulang manjuo tu inang namboru gabe mar ito ma amuna dua dang boi marsibuaton.songoni alus u to ito mauliate.

  125. Posted Mei 16, 2013 at 4:45 pm | Permalink

    Ahaa, its pleasant conversation on the topic of this post here at this web site, I have read all that, so
    at this time me also commenting here.

  126. Posted Juni 22, 2013 at 4:36 am | Permalink

    Hi there! I could have sworn I’ve visited this blog before but after looking at some of the posts I realized it’s new to me.

    Anyhow, I’m definitely happy I found it and I’ll be book-marking it and checking
    back frequently!

  127. Posted Juli 12, 2013 at 5:04 am | Permalink

    Way cool! Some very valid points! I appreciate you writing this write-up plus the rest of the site is really
    good.

  128. Hasudungan Tamba
    Posted Juli 14, 2013 at 8:44 pm | Permalink

    DIHAMU AKA APPARA DOHOT ITOKU AU SI HASUDUNGAN TAMBA SITONGGOR S.PD.K AU BANGGA HIAN PARNA NGGA GODANG DIPORTIBION.

    DIAPPARA VICTOR SIJABAT BOLO NAJOLO MARGA PARNA ON NA HUBOTO ADONG 5 MARGA PARNA ADALAH:

    1. SIMBOLON TUA

    2. SARAGI TUA

    3. TAMBA TUA

    4. MUNTHE TUA

    5. NAHAMPUN TUA

    IMA APPARA NAJOLO 5 MARGA PARNA.

    NI ITOKU ULY BR.TAMBA BOLO HUBOTO TAMBA SITONGGOR DOHOT MANURUNG MANORONI DO MARPADAN ITOKU….

    NYON NMR HP KU: 081240982654 / 081260566123.

  129. woorten tanggang
    Posted Agustus 4, 2013 at 8:31 pm | Permalink

    ai garang maho mandok sitanggang upar parrangin naualu(sigalingging)ai ise sumber ni tarombomon,naloahon do haroa hamu?

  130. Posted Agustus 7, 2013 at 2:20 pm | Permalink

    Excellent weblog right here! Also your web site loads up very fast!
    What web host are you using? Can I get your
    associate hyperlink on your host? I want my website loaded up as quickly as yours lol

  131. Posted September 18, 2013 at 3:10 pm | Permalink

    marga aku kenapa gak ada diurutan ya ??
    aku boru Simbolon Rimbang.

  132. Posted September 18, 2013 at 3:13 pm | Permalink

    Horas tu sasudena akka opung nami Raja Parna
    adong naeng si sukkunon ku ,
    boasa ndang adong di urutani marga ku,ima Simbolon Rimbang,
    mauliate.
    Horas ma di hita .GBU

  133. Hendra R. Sijabat
    Posted September 21, 2013 at 4:36 pm | Permalink

    Tentang marga Saragih Garingging, maka ada Saragih tapi tidak ada marga Garingging. Adapun tentang marga Saragih Sijabat maka ada marga Saragih dan ada marga Sijabat. Lalu dimana marga Siadari ?

  134. Posted Oktober 7, 2013 at 4:54 pm | Permalink

    bukannya tumangger sama tumanggor itu beda kak..?????

  135. frans simbolon
    Posted Oktober 22, 2013 at 9:24 am | Permalink

    @ROMASRIA

    Tetua adat belum memberi jawaban???? wkwkwkwkkwkw
    Kemana saja kamu ito. coba tanya ama rimbun sitanggang (ketua purasitabor) dan cs, kalo acara ulaon atau apa, mereka manggil apa sama simbolon.
    sitanggang (sitakkang) memang ga jlas kok,keturunan sitimpang yang ngaku raja dari pangururan padahal dia sj tugunya dr tele sana krna diusir wkwkwk
    kasih tau saya ya kalo sdh diskusi sama ama rimbun cs:)

  136. J . Simbolon
    Posted Desember 4, 2013 at 5:54 pm | Permalink

    Horas ma di hita saluhutna , au patanda diri , ima pinompar ni op.raja magasa simbolon tuan nahoda raja ,ima naadong di pusuk dairi. Jadi au di son mendukung do tu sumber,ala nunga didok hurang lobi permintaan maaf ate,ala di akkui belum seutuhnya marga parna. Jadi au adong otik hu ralat angka tanggapan,santabi da ale2 ,adong mandok silsilah parna semakin gelap dan perlu diluruskan,dan parna tidak ada suku dairi ..sian hatai nunga ketahuan hamu dang tarbukka rohamu tu parna, salelengon dan seterusya parna tetap akanterang dan tidak ada yg perlu di luruskan trus ensiklopedia nasional mengatakan bahwa pakpak dairi bukan suku tapi suku batak yg ada makanya jgn mbalelo,lalu pusuk buhit itu teritorial mana ?. Ada lagi tentang naiambaton,menurut logika tak mungkin naiambaton itu wanita karna silsilah batak wanita tak terhitung.karna kebetulan saya simbolon tuan agak tau sedikit tapi ,nai ambaton punya istri dua . : istri kedua melahirkan , tamba,munte,mahappun,saragi . Istri pertama, melahirkan di usia tua disebut anak mahkota Simbolon… Hea do di bege hamu ulok siambaton ?. Tingki metmet dope tuan sori mangaraja sai dipahan pahan ulok i sahat tuna tobang ibana sai diparorot ma ulok i , di bahen ma goar ni uloknai ambaton ,ala partaluan muse ompui gabe di dok haha anggina ma ibana nai ambaton..ok tanks cerita doi ai anggo sasintongna Tuhantai do mambotoi. Salam parsijarango pakkat

  137. Ronald boang manalu
    Posted Maret 30, 2014 at 10:56 am | Permalink

    Tolong di revisi tulisan diatas,boang manalu bukan masuk ke parna alai boru do boang manalu di pomparan naiambaton..Boang Manalu ditubuhon da Oppung boru Permaswari apala boru ni Ompu bada pomparan Sigalingging…Sahali nai ate molo dibaen penulis boangmanalu masuk parna,tolong dibaen tarombona ate asa boi niboto,,alai anggo so boi do di baen tarombo ni boangmanalu di parna tolong direvisi semua tulisan atau buku yang mengatakan boang manalu masuk parna…Boang Manalu TIDAK masuk PARNA…..

  138. lm Barasa
    Posted Mei 10, 2014 at 4:35 pm | Permalink

    njuah njuah
    untuk memperkaya pngetahuan sekilas saya jabarkan hubungan antara barasa dgn marga galingging. Barasa adalah marga keturunan dari op.bada yg beristrikan boru pohan anaknya yaitu Tendang,gajah,manik,beringin banurea barasa yg brmukim di daerah parlilitan. Hubungan barasa dgn galingging adalah PADAN di mulai datangnya marga galingging ke si ambaton pakkat. yg pada saat itu kalah brperang trhadap penduduk yg ada.di situ ( perlu penelusuran suku apa) Marga galingging meminta bantuan sama op. kami untk brperang dgn mmbuat ikrar bahwa mulai hari itu meraka mnjdi padan. Dan barasa bknlah anak dari marga galungging dan bukan parna.. mulai dari op. barasa yg prtama tlah mempristri bru parna .. njuah njuah trim’s


One Trackback/Pingback

  1. [...] Adapun marga-marga yang termasuk dalam Pomparan Ni Raja Nai Ambaton ( PARNA ) yaitu: 1. Bancin ( sigalingging ) 2. Banurea ( sigalingging ) 3. Boangmenalu ( sigalingging) 4. Brampu ( sigalingging ) 5. Brasa ( sigalingging ) 6. Bringin ( sigalingging ) 7. Dalimunthe 8. Gajah ( sigalingging ) 9. Garingging ( sigalingging ) 10. Ginting Baho 11. Ginting Beras 12. Ginting Capa 13. Ginting Guruputih 14. Ginting Jadibata 15. Ginting jawak 16. Ginting manik 17. Ginting Munthe 18. Ginting Pase 19. Ginting Sinisuka 20. Ginting Sugihen 21. Ginting Tumangger 22. Haro 23. Kombih (sigalingging ) 24. Maharaja 25. Manik Kecupak (sigalingging) 26. Munte 27. Nadeak 28. Nahampun 29. Napitu 30. Pasi 31. Pinayungan (sigalingging ? ) 32. Rumahorbo 33. Saing 34. Saraan (sigalingging ) 35. Saragih Dajawak 36. Saragih Damunte 37. Saragih Dasalak 38. Saragih Sumbayak 39. Saragih Siadari 40. Siallagan 41. Siambaton 42. Sidabalok 43. Sidabungke 44. Sidabutar 45. Saragih Sidauruk 46. Saragih Garingging 47. Saragih Sijabat 48. Simalango 49. Simanihuruk 50. Simarmata 51. Simbolon Altong 52. Simbolon Hapotan 53. Simbolon Pande 54. Simbolon Panihai 55. Simbolon Suhut Nihuta 56. Simbolon Tuan 57. Sitanggang Bau 58. Sitanggang Gusar 59. Sitanggang Lipan 60. Sitanggang Silo 61. Sitanggang Upar Par Rangin Na 8 ( sigalingging ) 62. Sitio 63. Tamba 64. Tinambunan 65. Tumanggor 66. Turnip 67. Turuten Sumber: Berbagai sumber Dari: http://www.rapolo.wordpress.com [...]

Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *
*
*

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: