Kepercayaan Batak Toba

Menyangkut Jiwa dan roh, Suku batak Toba mengenal tiga konsep, yaitu:
Tondi
Sahala
Begu

Tondi adalah jiwa atau roh seseorang yang merupakan kekuatan, oleh karena itu tondi memberi nyawa kepada manusia. Tondi di dapat sejak seseorang di dalam kandungan. Bila tondi meninggalkan badan seseorang, maka orang tersebut akan sakit atau meninggal, maka diadakan upacara mangalap (menjemput) tondi dari sombaon yang menawannya.

Sahala adalah jiwa atau roh kekuatan yang dimiliki seseorang. Semua orang memiliki tondi, tetapi tidak semua orang memiliki sahala. Sahala sama dengan sumanta, tuah atau kesaktian yang dimiliki para raja atau hula-hula.

Begu adalah tondi orang telah meninggal, yang tingkah lakunya sama dengan tingkah laku manusia, hanya muncul pada waktu malam. Beberapa begu yang ditakuti oleh orang batak, yaitu:

Sombaon, yaitu begu yang bertempat tinggal di pegunungan atau di hutan rimba yang gelap dan mengerikan.
Solobean, yaitu begu yang dianggap penguasa pada tempat tempat tertentu
Silan, yaitu begu dari nenek moyang pendiri huta/kampung dari suatu marga
Begu Ganjang, yaitu begu yang sangat ditakuti, karena dapat membinasakan orang lain menurut perintah pemeliharanya.

Demikianlah religi dan kepercayaan suku batak yang terdapat dalam pustaha, yang walaupun sudah menganut agama kristen, dan berpendidikan tinggi orang batak belum mau meninggalkan religi dan kepercayaan yang sudah tertanam di dalam hati sanubari mereka.

About these ads

3 Comments

  1. tigor parulian sihombing
    Posted Maret 18, 2010 at 10:36 pm | Permalink

    horas
    saya lahir 23.09.1959 sudah capek ke dokter, dokter bilang tidak ada penyakit tapi saya terus merasakan sakit dibagian tertentu di tubuh saya. akhirnya saya marubat huta katanya saya naniihuton ni tondi sahala ompung saya.

    siapa yang bisa bantu saya atau tolong rekomendasikan yang bisa bantu sqaya untuk berkomunikasi langsung dengan sahala ompung saya biar saya tanya langsung kepada sahala apa ini semua penyakit dan apa obatnya atau saya harus bagaimana
    tolong dibantu saya horas

  2. josua
    Posted April 2, 2010 at 10:22 pm | Permalink

    jangan percaya dengan hal yg begituan….
    roh nenek moyang kita sudah tiada lagi di dunia…melainkan sudah dialam baka
    jadi itu bukan nenek moyang kita melainkan setan yang menyamar sebagai nenek moyang kita….cara menyembuhkannya adalah dengan berdoa kepada Tuhan,atau dapat konsultasi dengan Pendeta(kalau kamu agama Kristen) supayah kamu di doakan atau ke pada pemuka agama lain(menurut aliran agama yang kamu anut)
    horas………..

  3. wiwid
    Posted Desember 8, 2010 at 2:55 pm | Permalink

    Untuk Tigor parulian sihombing,perkenalakan nama saya Yusrona br. Nainggolan, 10 tahun yang lalu saya jg mengalami apa yang anda alami selama 9 tahun 9 bulan saya merasakan hal tersebut, dan sekarang saya sudah sembuh dan normal. Jika anda ingin mendapat solusi tentang keluhan anda hubung saya di Hp 082165446365 saya berdomosili di kota Indrapura Kabupaten Batu Bara. Horas


Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *
*
*

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: